Koordinator Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Didik Krisdiyanto, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) atas sambutan dan penerimaannya. 

Ia mengatakan, rombongan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah dijemput dari bandara hingga diantar ke lokasi KKN, selain itu juga diberikan fasilitas tempat tinggal selama melaksanakan KKN yang berlokasi di Kecamatan Loksado.

"Kami diberi amanah lumayan berat untuk mendidik para mahasiswa, agar mahasiswa memiliki bekal yang banyak. Bukan hanya ilmu akademis, keagamaan, namun juga bekal sosial yang sifatnya sosial kemasyarakatan. Diharapkan dengan adanya program KKN maka para mahasiswa memiliki peran yang lebih dari sekedar mahasiswa," katanya, saat menyampaikan sambutan, bertempat di Aula Ramu Setda HSS, Kamis (18/7).

Penyambutan mahasiswa KKN di HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Sekda Sambut 60 Mahasiswa UGM Yogyakarta

Dijelaskan dia, dulu KKN mahasiswa UIN Sunan Kalijaga hanya dilakukan di sekitar wilayah Yogyakarta dan Pulau Jawa, untuk kali ini dilakukan di Yogya dan Pulau Jawa, bahkan hingga ke luar negeri. Dan untuk Kabupaten HSS ada 10 mahasiswa KKN yang ditempatkan.

Pihaknya berharap pula bantuan dari Pemkab HSS agar membantu para mahasiswa KKN untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas di Kabupaten HSS, termasuk bantuan dari masyarakat setempat.

Dosen Pembimbing KKN UIN Antasari Banjarmasin Yahya Mof, mengatakan pihaknya juga menitipkan lima orang mahasiswa KKN dari UIN Antasari bersama-sama mahasiswa KKN dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk terjun ke Desa Lumpangi.

"Mahasiswa ini turun langsung ke lapangan, esensinya adalah untuk belajar memahami tentang desanya lokasi ditempatkan, tidak hanya sebatas mereka kuliah dan paham tentang teori, tapi juga harus paham tentang apa yang terjadi di masyarakat dan kondisi masyarakat kita," katanya.

Penyambutan mahasiswa KKN di HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: 393 mahasiswa ULM laksanakan KKN di HSS

Disampaikan juga, pihak Universitas sangat senang Pemkab HSS mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini bersama rekan-rekan dari UIN Sunan Kalijaga, maka mahasiswa UIN Antasari bisa berkolaborasi dan hasilnya bisa bermanfaat maksimal untuk kepentingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat ( LP2M) UIN Antasari Banjarmasin.

Untuk para peserta KKN, diharapkannya selama waktu satu bulan dalam mengikuti KKN bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh para mahasiswa, dan kepada kepala desa, jika nantinya ada hal-hal yang kurang tepat dari mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin selama melaksanakan KKN, bisa dilaporkan kepada pihaknya.

Kegiatan penyambutan mahasiswa KKN di HSS turut dihadiri para pimpinan SKPD terkait di lingkungan Pemkab HSS, Camat Loksado Sar Ipansyah, danramil, Kepala Desa Lumpangi Harly dan para mahasiswa KKN.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019