Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H Muhammad Noor menyampaikan pelaksanaan evaluasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), Kabupaten HSS berada pada level 3 dengan ada beberapa catatan dalam evaluasi tersebut.

Ia mengatakan, catatan paling penting ke depannya penilaian akan menyeluruh kepada semua SKPD, maka diharapkan kepada SKPD jika ada kegiatan pendampingan agar memberikan dukungan.

"Dari level bawah hingga ke atas, hendaknya biasakan lakukan penilaian risiko atas pekerjaan yang dilakukan," katanya, saat menjadi pembina upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) bertempat di halaman Sekretariat Daerah (Setda) setempat, Rabu (17/7) pagi.

Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) Pemkab HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Sekda HSS serahkan bantuan Jalan Gambir Amawang Kiri

Dijelaskan dia, dari data yang didapatkan SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dalam tiap SKPD, di setiap kegiatannya harus ada sistem pengendalian yang diantaranya untuk meminimalisir resiko kegiatan atau risiko pekerjaan, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Ini sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008, SPIP terdiri dari lima unsur, yaitu lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan pengendalian intern.

Selain itu, disampaikan pula dalam beberapa hari ini ada Tim Evaluasi Adipura, menurut jadwal yang ditetapkan Tim Evaluasi ada di HSS mulai hari ini dan untuk itu diharapkan semua SKPD agar bersiap-siap menerima Tim Evaluasi.

Terkait kondisi cuaca sekarang, cenderung panas dan dalam setiap kesempatan Bupati HSS sudah memperingatkan masyarakat agar berhati-hati dengan api dan lain sebagainya.

Baca juga: Sekda HSS : Komunikasi akan dibangun setiap tingkatan secara berjenjang

Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) Pemkab HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

"Hendaknya juga diterapkan, agar berhati-hati dan bisa menjaga terhadap api di lingkungan masing-masing dan semoga kita bisa menyikapi perubahan cuaca ini dengan hati-hati dan bijak,” katanya.

Tak lupa, Sekda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Dinas Perdagangan H.M.Sufiani,S.Sos, yang sebentar lagi akan memasuki masa purna tugas.

Diakhir upacara HKN, Sekda menyerahkan Surat Keputusan Purna Tugas kepada Kepala Dinas Perdagangan H.M.Sufiani, yang akan memasuki masa Purna Tugas (Pensiun) terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2109, dengan masa kerja selama 36 tahun 11 bulan dilanjutkan penyerahan tali asih dari Korpri.

Penyerahan SK Purna Tugas (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019