Oleh Rusmanadi

Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan, menyiapkan ruang aula sebagai tempat menginap bagi peserta Ujian Nasional (UN) yang lokasi tempat tinggalnya jauh.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan setempat, Hery Priyanto di Amuntai, ibu kota HSU, Jum`at, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terlambatnya siswa tiba di sekolah.

"Bagi siswa peserta UN yang mau, bisa saja menginap sementara di ruang aula Dinas Pendidikan, namun harus membawa perlengkapan pribadi masing-masing," ujarnya.

Ruang aula Dinas Pendidikan setempat hanya diperuntukkan bagi siswa putra untuk menginap sementara mengikuti pelaksanaan UN.

Berdasarkan pedoman Prosedur Operasional Standar (POS) UN, katanya, peserta harus sudah siap di ruang tempat pelaksanaan 30 menit sebelum dimulai.

"Mengingat pelaksanaan UN yang dimulai cukup pagi yaitu pukul 07.30 Wita, sangat mungkin akan ada siswa yang terlambat khususnya mereka yang tempat tinggalnya jauh," katanya.

Terlebih lagi saat ini HSU sedang mengalami bencana banjir sehingga sangat mungkin siswa akan terlambat tiba di sekolah karena jarak tempuh lebih jauh akibat harus menghindari genangan air.

Ia menambahkan, selain menginap di ruang aula Dinas Pendidikan, siswa yang tempat tinggalnya jauh bisa juga kost sementara di sekitar lokasi sekolah pelaksana UN.

"Sangat disayangkan bila ada siswa peserta UN yang datang terlambat karena akan berdampak tidak bagus terhadap yang bersangkutan. Karena itu bila perlu kost sementara disekitar lokasi sekolah pelaksana UN," tambahnya.

Keterlambatan akan membuat siswa bersangkutan memiliki waktu yang lebih pendek karena tidak ada toleransi penambahan waktu sehingga berdampak pada terganggunya konsentrasi saat mengerjakan soal yang diujikan.

Agar tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan, disarankan sebaiknya siswa peserta UN kost secara bersama-sama.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013