Kapala Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pengawasan Imigrasi (TPI) Batulicin, G Nusa menyatakan siap dan mendukung penuh terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

"Adanya wacana pemindahan ibu kotta negara yang di gagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kami akan bekerja secara profesional apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab terkait keimigrasian," G Nusa, di Banjarmasin saat berkunjung di Kantor LKBN Antara Kalsel.

Dia menjelaskan, terkait hal tersebut Kantor Imigrasi Batulicin akan memperkuat kinerja dalam melakukan pengawasan orang asing dengan membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) dengan melibatkan beberapa instasi yang ada di"Bumi Bersujud".

Pembentukan Tipora ini sudah berjalan beberappa tahun yang lalu dan akan ditingkatkan kinerjanya guna mendukung pemerintah pusat terkait wacana pemindahan ibu kota negara.

Menurut dia, Kabupaten Tanah Bumbu sangat cocok untuk dijadikan tempat pemindahan ibu kota negara dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Pulau Kalimantan.

Keunggulan Kabupaten Tanah Bumbu untuk dijadikan tempat pemindahan ibukota negara salah satunya memiliki kontur tanah dan lahan yang sangat memungkinkan untuk area pemerintah dan perkantoran.

Hal tersebut juga didukung dengan letak geografis dan geopolitik lokasi Tanah Bumbu sangat strategis untuk dapat ditetapkan sebagai tempat pemindahan ibukota negara.

Tanah Bumbu juga memilikin pelabuhan yang siap dijadikan pelabuhan berskala internasional karena letaknya berada di laut lepas Pulau Jawa dan Sulawesi.

"Kami menyatakan siap dan akan terus mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait wacana pemidahan ibukota negara ke Kabupaten Tanah Bumbu, dan mudah-mudahan hasil rapat Gubernur Kalimantan Selatan H. Syahbirin Noor dengan Bapennas akan mengerucut Tanah Bumbu yang dijadikan lokasi pemindahan ibukota negara," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019