Event tingkat Nasional One Day Trail Adventure, dalam rangka menyambut HUT ke16  Kabupaten Balangan dan peringatan HUT ke 73 Bhayangkara ke 73, digelar oleh Komunitas pecinta motor Stingray Trail Club (STC) di Kecamatan Lampihong, bertajuk Jelajah Hutan Gula Habang, Sabtu (13/7).

Kegiatan ini diselenggarakan di lokasi Eks PT. CPN desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong, tepatnya di depan kantor Koramil setempat.

Pada moment tersebut, STC juga menyempatkan untuk memberi ucapan selamat serta doa, kepada Bupati Balangan, H Ansharuddin yang tepat pada hari tersebut merayakan hari ulang tahunnya yang ke 61.

Disampaikan Bupati, kegiatan Trail Adventure ini merupakan ajang silaturahmi, sekaligus kesempatan untuk memperkenalkan adat, budaya, keramahan, serta berbagai kemajemukan warga Balangan.

Baca juga: Balangan Raih Pastika Parama atas kebijakan kawasan tanpa rokok
"Ini sebuah kesempatan bagi kita untuk mengenalkan Kabupaten Balangan pada umumnya, serta Kecamatan Lampihong, yang terkenal dengan gula habang atau gula aren," tuturnya.

Kesempatan itu lanjut H Ansharuddin, harus dimanfaatkan sedemikian rupa, agar kelak para peserta yang hadir dari berbagai daerah, tidak sungkan untuk mengunjungi Bumi Sanggam julukan kabupaten setempat, dan akan membuka peluang promosi daerah dengan berbagai tempat wisata alam, kuliner serta adat budaya.

"Tentunya jika para peserta yang hadir berkesempatan untuk mengunjungi Balangan, akan banyak sekali wisata alam, kuliner khas, adat budaya, wisata religi dan lain sebagainya sebagai referensi kunjungan kelak dilain waktu dan kesempatan," sampainya.

Selain itu ia juga mengucapkan terimakasih atas perayaan Ulang Tahunnya di moment acara tersebut, ia berharap semoga Balangan akan semakin maju, baik SDM serta Pembangunannya yang merata, agar mampu bersaing dengan wilayah lainnya di Indonesia bahkan Asia kelak.

Baca juga: Inilah 10 penerima Kalpataru 2019, salah satunya dari Balangan
Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh rider yang hadir dalam event menyambut HUT Kabupaten Balangan ke 16 dan peringatan hari Bhayangkara ke 73 tersebut.

"Antusias pecinta Trail dalam event ini sangat luar biasa, sekitar 800 peserta berasal dari komunitas pecinta motor trail yang berasal dari seluruh penjuru Kalimantan berkumpul di acara ini, Semoga hingga tuntas acara berlangsung lancar. Kepada panitia dan peserta, jaga keamanan dan keselamatan dalam berkendara, kedepan mudah - mudahan event seperti ini tergelar lebih meriah" pungkasnya.

Dalam event tersebut, bahkan Bupati Balangan, H Ansharuddin, bersama Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni, Wakil Ketua DPRD M Noor Iswan, serta jajaran Kepala Dinas, turut menjajal lintasan menggunakan trail adventure.

Acara sendiri turut dihadiri bahkan di ikuti oleh Perwira Pengubung Kodim 1001/Amt-Balangan, Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan, serta para peserta sekitar 800 orang, dari kalangan rider laki-laki dan perempuan, serta anak-anak.

Jarak tempuh yang dilalui oleh para rider, sepanjang 57 km, adapun jalur yang digunakan meliputi Kecamatan Lampihong, Batumandi, Paringin dan Paringin Selatan yang terbagi menjadi 3 ( tiga ) Zona.
Baca juga: Golkar Siapkan ANIS Hadapi Pilkada Serentak 2020

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019