Ketua DPD PDIP Kalsel H Mardani H Maming pada Konferensi Cabang dan Konferensi Daerah serentak PDIP Kalsel 2019 di Banjarmasin menyatakan, secara pribadi mendukung gubernur petahanan H Sahbirin Noor untuk dua periode dengan sarat wakil gubernur harus dari PDIP.

Menurut Maming, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kalimantan Selatan ingin berkoalisi dengan Partai Golongan Karya (Golkar) untuk meraih sukses di pemilihan kepala daerah tingkat provinsi pada tahun 2020.

Namun tambah dia, pendampingnya atau calon wakil gubernurnya diambil dari kader PDIP.

"Tadi saya bicara secara pribadi dengan Paman Birin, saya sampaikan mendukung beliau dua periode, tapi setidaknya wakil gubernurnya dari PDIP kali ini, karena kita memiliki banyak kader potensial," ujarnya.

Baca juga: Ketua PDIP Bakal Maju Pilkada Gubernur

Mardani menyatakan, partainya tahu diri untuk tidak memilih menjadi yang nomor 1 pada Pilkada 2020 ini jika berkoalisi dengan Golkar.

"Kita tahu diri, Golkar pemenang pemilu tingkat provinsi, kita berada di nomor dua," tuturnya.

Menurut dia, Paman Birin merupakan Ketua DPD Partai Golkar. Jka kesepakatan koalisi dengan PDIP berlanjut pada Pilkada 2029, maka akan sangat menggembirakan.

"Dan kita akan laporkan ke DPP PDIP nantinya kalau memang koalisi di Pilkada 2020 bisa dirintis," katanya.

Baca juga: DPRD dukung pencadangan dana pilkada 2020 Kalsel

Mantan Bupati Tanah Bumbu ini tidak menyebutkan dirinya akan mendampingi Paman Birin untuk Pilkada Kalsel 2020. Namun dia menyebutkan beberapa nama politisi muda PDIP, seperti H Rosehan NB yang mantan wakil gubernur periode 2005-2010 dan kini terpilih lagi menjadi anggota DPRD Provinsi Kalsel.

Selanjutnya ada nama H Sulaiman Umar, Syafruddin H Maming dan Rifki Nozomi Karsayuda. Ketiganya berhasil meraih kursi DPR RI untuk periode 2019-2024.

"Tentunya banyak lagi kita punya kader mempuni, pasti bisa sukses di Pilkada 2020," ujarnya.

Bahkan dia berharap, koalisi di Pilkada 2020 bersama Golkar tidak hanya di tingkat provinsi, namun juga pilkada kabupaten/kota.

Baca juga: Sejumlah tokoh berminat untuk ikut Pilkada Kota Banjarmasin
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019