Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mendorong kerja bersama antara kementerian/lembaga dalam menanggulangi dampak bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, serta Kabupaten Konawe Utara yang dilanda banjir bandang.

"Diperlukan kerja bersama, kerja terintegrasi, dimana kami sebagai kementerian koordinator, berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan pemulihan kondisi sosial ekonomi daerah yang terdampak (bencana)," kata Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Agung Kuswandono dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Agung menjelaskan baru-baru ini tim Kemenko Maritim melakukan kunjungan kerja ke Manggarai Barat bersama Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian ESDM, Pertamina dan BAKTI Kominfo serta melakukan rapat koordinasi dan meninjau pemulihan daerah terdampak.

Dalam rapat koordinasi, pemerintah kabupaten menerima bibit tanaman dari KLHK dan paket lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE). Dalam rapat juga dibahas komitmen Pertamina terkait ketersediaan BBM dan rencana pengembangan jaringan telekomunikasi oleh BAKTI Kominfo.

Kepada Kementerian PUPR, Agung mengingatkan pembangunan jalan harus memperhatikan pembangunan sistem drainase yang baik agar jalan yang sudah dibangun tidak lekas rusak.

Demikian pula akses telekomunikasi yang perlu menjadi perhatian karena akan mendorong investasi khususnya sektor garam, energi hingga pariwisata.

Menyikapi bencana banjir yang menimpa Kabupaten Konawe Utara, Agung menegaskan pemerintah akan bekerja terintegrasi untuk memulihkan kondisi sosial-ekonomi Konawe Utara.

Kementerian PUPR telah merencanakan pembangunan bendungan dan perbaikan drainase. Sementara, pemulihan pasca bencana tidak hanya pada infrastruktur, melainkan juga pada perbaikan lingkungan, energi, telekomunikasi, kesehatan, dan lain-lain.

"Kita harus bekerja bersama-sama, terintegrasi. Pemulihan bencana itu tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Harus bersama-sama dan sesuai tugas fungsinya," ujarnya.





 

Pewarta: Ade irma Junida

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019