Masyarakat yang ingin berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura semakin mudah untuk mendapatkan layanan kesehatan karena bisa mendaftar melalui online (dalam jaringan). 

Direktur RSUD Ratu Zalecha Martapura dr Tofik Norman Hidayat di Martapura, Kamis mengatakan, pihaknya sudah meluncurkan dan menyosialisasi Sistem Pendaftaran Online Rawat Jalan (SiPO RAZA)

"Sistemnya sudah kami luncurkan sehingga masyarakat tidak perlu lagi berdesakan mendaftar di loket pendaftaran karena sudah bisa daftar secara online melalui aplikasi Whatt Apps," ujarnya.

Disebutkan, sistem ini merupakan terobosan manajemen rumah sakit milik Pemkab Banjar sesuai arahan Bupati Banjar Khalilurrahman yang selalu berupaya meningkatkan layanan bidang kesehatan. 

Dijelaskan, pasien yang ingin berobat jalan bisa daftar sehari sebelumnya melalui aplikasi WhattbApps nomor  082351351297 atau bisa juga mendaftar melalui website http//rsraza.banjarkab.go.id/epasien.

Cara mendaftar berobat, pasien pada aplikasi Whatt Apps atau Telegram, mengetik poliklinik yang dituju dan mengirim foto kartu pasien atau kartu rujukan dari Faskes tingkat pertama bagi pasien peserta BPJS.

Jika selesai, maka tinggal menunggu verifikasi dari petugas yang akan dikirimkan ke nomor Whatt Apps pasien dan mendapatkan barcode yang bisa digunakan untuk proses pembayaran di kasir.

"Bagi peserta BPJS barcode itu bisa langsung di scan pada Anjungan Pendaftaran Mandiri yang telah disediakan. Jika selesai bisa langsung menuju ke poliklinik untuk menjalani pengobatan," kata dia. 

Syarat bagi pasien menggunakan SiPO RAZA hanya bagi pasien yang memiliki kartu pasien RSUD Ratu Zalecha Martapura, mendaftar sehari sebelumnya mulai pukul 14.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita.

"Aplikasi baru ini tidak luput dari kekurangan sehingga manajemen RSUD Ratu Zalecha akan terus menyempurnakan. Kami menunggu  masukan dan saran masyarakat agar lebih baik," ujarnya. 

Ditambahkan Wakil Direktur Pelayanan dr Diauddin, Sipo RAZA bertujuan mengurangi penumpukan pasien loket pendaftaran sehingga bisa mengurai antrian pada loket pendaftaran Poklinik Rawat Jalan.

"Melalui sistem itu, pasien tidak terlalu lama menunggu dan dapat langsung menuju poliklinik tujuan. Ini semua merupakan komitmen rumah sakit memberikan layanan kesehatan cepat, tepat dan mudah," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019