Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja melaksanakan pelatihan keterampilan jurusan bengkel, sepeda motor, menjahit dan prosesing hasil pertanian bagi pencari kerja.

Pelatihan dipusatkan di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja HST yang saat itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H Akhmad Tamzil, Rabu (19/6).

Dalam laporannya Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja, H Zamhasari mengatakan, tujuan palatihan keterampilan adalah untuk memberikan bekal, menyiapkan tenaga kerja siap pakai dan mampu bersaing di era globalisasi.

Kegiatan pelatihan kali ini dengan tiga kejuruan yaitu bengkel sepeda motor dengan 20 orang peserta, prosesing hasil pertanian (PHP) 20 peserta dan menjahit juga 20 orang peserta.

Menurutnya, waktu pelatihan dillaksanakan selama 24 hari dari tanggal 19 Juni 2019 sampai 16 Juli 2019.

Bupati HST H A Chairansyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda H Akhmad Tamzil menyambut baik dan mengapresiasi dengan dilaksanakannya pelatihan itu, karena dapat diarahkan kepada peningkatan kewirausahan masyarakat khususnya di Bumi Murakata.

"Tentunya para peserta pelatihan bisa diarahkan untuk membaca peluang usaha dan mendirikan usaha sendiri yang pada akhirnya secara tidak langsung mereka akan turut menciptakan lowongan kerja," katanya.

Dia juga mengharapkan, dengan pelatihan ini dapat membantu dan memberikan banyak manfaat untuk menekan tingkat pengangguran dan kemiskinan  agar terus semakin berkurang.

Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing sumber daya manusia yang ada di Kabupaten HST.

Dia berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan kegiatan pelatihan keterampilan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat dijadikan bekal keterampilan yang mampu ditawarkan kepada perusahan yang membutuhkan karyawan, disamping itu juga bisa menjadi bekal usaha sendiri yang mandiri dan diharapkan mampu menyerap tenaga kerja.

Dalam kesempatan ini Ketua TP PKK Kab HST Hj Ernawati Chairansyah juga memberikan motivasi dan arahan agar peserta pelatihan benar-benar mengikuti intruksi pelatih dan jangan takut untuk bertanya dan mencoba hal baru.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019