Melalui program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) yang dicanangkan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodim 1002/Barabai, lahan-lahan rawa sektor pertanian di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kini dioptimalkan.

Saat menyambut kedatangan Tim Serasi dari Staf Teritorial AD, Kolonel Inf Iwan Setiawan dan Kolonel Kav Setiawan Arismunandar didampingi Pasi Wanmil Korem 101/Antasari Mayor Inf Alvin, Minggu (16/6), Dandim 1002/Barabai, Letkol Inf Nur Rohman Zein mengatakan, program Serasi di HST seluas 2000 Ha lahan Rawa.

"Lahan tersebut tersebar di empat Kecamatan,  yaitu Labuan Amas Utara 500 Ha (Desa Pahalatan 150 Ha,  Desa Samhurang 200 Ha dan desa Tabat 150 Ha) dan Kecamatan Haruyan 200 Ha di desa Pandanu," katanya.

Sementara, di wilayah Kecamatan Pandawan terdapat 1200 Ha yang tersebar di sembilan desa yaitu di desa Buluan 100 Ha, Desa Walatung 200 Ha, Desa Kayu Rabah 250 Ha,  desa Satiap 100 Ha, Desa Kambat Utara 100 Ha,  desa Hilir Banua 100 Ha, Desa Mahang Matang Landung 200 Ha,  desa Jatuh 50 Ha, desa Mahang Sungai Hanyar 100 Ha.

Sedangkan sisanya seluas 100 Ha terdapat di Kecamatan Batang Alai Utara yaitu di Desa Awang.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan bahwa, kegiatan Serasi itu merupakan tindaklanjut dari terobosan Kementerian Pertanian setelah mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak dalam mengolah rawa menjadi lahan pertanian produktif di Jejangkit Kabupaten Barito Kuala  Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Serasi, Sterad Kolonel Inf Iwan Setiawan menjelaskan, program Serasi merupakan pemanfaatan lahan rawa yang digunakan untuk lahan pertanian.

"Pemanfaatan rawa nantinya akan saling terintegrasi antara lahan ternak, perkebunan dan sawah," ujuarnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mendorong kesejahteraan petani berbasis koperasi yang dipadukan melalui program Serasi untuk mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai lumbung pangan.

Saat itu, Tim Serasi Mabesad juga meninjau lahan rawa yang digunakan untuk program Serasi  di Desa Tabat bersama-sama dengan Dandim, Kasdim, Danramil dan Plt Kadistan HST, Ir Misradi.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019