PT Brahma Binabakti (BBB) merupakan salah satu anak perusahaan PT Triputra Agro Persada (TAP) melakukan penanaman perdana untuk peremajaan kebun kelapa sawit plasma Koperasi Unit Desa (KUD) Akso Dano, yang merupakan mitra binaan BBB sejak tahun 1994.

Kegiatan ini merupakan tahap awal program peremajaan kebun kelapa sawit plasma kemitraan (program peremajaan) yang di lakukan di area plasma BBB di Desa Suko Awin Jaya, Sekernan, Muarojambi, Jambi, kata Direktur Utama BBB, George Oetomo, di Jambi Senin.

Pada tahap pertama program peremajaan akan dilaksanakan di lahan kebun sawit KUD Akso Dano seluas 334 Hektar dari total 4.334. Sebagian lahan tersebut merupakan lahan sawit kelompok Suka Maju yang baru bergabung dengan KUD Akso Dano dan kegiatan peremajaan ini akan dilakukan secara berkala hingga tiga tahun ke depan.

Program peremajaan ini kami lakukan bersama dengan KUD Akso Dano dan juga bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri dalam hal pembiayaan pembangunan kebun plasma.

Melalui program ini, kami memberikan bibit unggul bersertifikat dan juga mengelola kebun sawit berdasarkan good agricultural practices dengan prinsip keberlanjutan agar produksi tandan buah segar (TBS) plasma optimal sesuai standar yang diharapkan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani plasma.

Pemajaan kebun kelapa sawit plasma kemitraan ini adalah kegiatan yang pertama kalinya dilakukan oleh PT TAP dan BBB. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen BBB kepada masyarakat sekitar kebun inti yang merupakan mitra binaannya.

Oetomo mengatakan, hal ini dilakukan agar dapat memperoleh penghasilan melalui budidaya kelapa sawit secara maksimal sehingga pada bulan ke-25 masyarakat bisa mendapatkan hasil panen atau yield sesuai standar dengan puncaknya dapat mencapai 36 ton/hektar.

Program peremajaan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan atas program pemerintah dalam peremajaan kebun sawit rakyat dan kami sangat senang dapat merealisasikan kerjasama tersebut.

Sementara itu Ketua KUD Akso Dano, Amrullah mengatakan sawit merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat Jambi, terutama petani yang tergabung di KUD Akso Dano maka dari itu kerjasama berkelanjutan dengan BBB merupakan hal yang penting untuk dapat direalisasikan karena sawit dapat meningkatkan kesejahteraan dan juga taraf hidup petani sawit di Jambi.

"Kami sangat berterima kasih atas kemitraan, pembinaan, pemberian ilmu dan teknologi mengenai budidaya perkebunan kelapa sawit yang diberikan BBB dan semoga kerjasama ini dapat dilaksanakan berkesinambungan," kata Amrullah.

Sebagai perusahaan yang menerapkan Good Corporate Governance (GCG), BBB akan membina masyarakat dan komunitas sekitar secara berkala, seperti mengadakan koordinasi minimal satu bulan sekali agar petani plasma dapat memberikan perawatan kebun serta kualitas panen yang terbaik.

Sedangkan Sekretaris Daerah Muarojambi, M Fadil Arief mengatakan, pemerintah kabupaten sangat bersyukur kepada PT BBB dalam upayanya untuk meningkatkan kemampuan petani dalam mengelola kebun sawit agar menghasilkan panen yang lebih baik.

Pemerintah daerah dalam hal ini hanya menjadi regulator dan akan mengawal kemitraan ini supaya hak dan kewajiban para masing-masing pihak dapat seimbang.

Pada acara itu turut hadir Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Muarojambi, Zulkarnain, Branch Manager Bank Syariah Mandiri Area Jambi, Hermansyah, Camat Sekernan Kemas Ismail dan Kepala Desa Suko Awin Jaya Joniadi Nainggolan.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019