50 pelaku usaha kecil mengikuti  Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) kepada pelaku usaha mikro Kabupaten Tanah, Kalimantan Selatan digelar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari, di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari, Kamis (2/5).


“Saat ini ada sekitar 16 rbu lebih Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dari jumlah itu sebanyak  1.592  UKM mengikuti program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan empat  UKM mendapatkan pembiayaan dari UMi,”ujar Kepala  Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari Woro Triwening.

Menurut dia,  penyebab sedikitnya pelaku usaha kecil yang memanfaatkan program UMi karena keterbatasan informasi tentang program pembiayaan UMi.

“Itulah sebabnya kita melakukan sosialisasi ini dan mengundang para pelaku UKM di Tanah Laut untuk mengikutinya,” terangnya.

Woro Triwening mengharapkan,  program UMi dapat tersosialisasikan dengan baik, sehingga seluruh pelaku UKM dapat menikmati karena berdampak pada pembangunan ekonomi dan dinikmati pelaku usaha bersama warga.

Sementara itu,  Asisten Ekobang Kesra Setda Tanah Laut  Ahmad Hairin mengatakan, selama ini pengusaha kecil memiliki permasalahan  modal.

“Kehadiran UMi merupakan program sangat bermanfaat, terutama pelaku usaha kecil karena  dapat membantu pemerintah meningkatkan pembangunan dan mengurangi kemiskinan,”terangnya.

Dia mengungkapkan bahwa program UMi bisa menyentuh masyarakat paling bawah, seperti pedagang bakso sekalipun.  

“Prosedurnya tidak susah,  persyaratan tidak terlalu sulit, semoga UMi  bisa menjembatani  pembangunan ekonomi di daerah, “harapnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019