Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) HSS menggelar apel siaga bencana karhutla dalam rangka peringatan hari kesiapsiagaan bencana tahun 2019.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Selasa (30/4), mengatakan pihaknya selaku Pemkab HSS secara keseluruhan sudah siap untuk penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Sumber dana di APBD juga sudah kita persiapkan, hal ini untuk mengantisipasi kalau-kalau nanti ada terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," katanya, saat memberikan sambutan apel, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat.

Baca juga: Wabup HSS hadiri peringatan hari kesiapsiagaan bencana tahun 2019

Dijelaskan dia, Pemkab HSS akan terus melakukan kegiatan antisipasi dan mengedukasi masyarakat, agar tidak melakukan hal-hal yang bersifat kebencanaan terutama terkait pembakaran lahan.

Kepala BPB Kesbangpol HSS Efran, mengatakan pada apel siaga kali ini juga dilaksanakan peluncuran dibentuknya relawan kebencanaan "Srikandi Aluh Idut", yang merupakan pertama kali ada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut dia, Srikandi Aluh idut ini nantinya akan menjadi penggerak titik fokus penanggulangan bencana, yang dimulai dari pra bencana dan Srikandi Aluh Idut ini terdiri dari kaum perempuan.

Baca juga: DPRD Kalsel monitor potensi kerawanan dan kesiapan daerah tanggulangi bencana

Mereka nantinya akan menjadi ujung tombak untuk melakukan pendidikan atau mengedukasi secara dini yang dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Selepas apel siaga kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana serta simulasi evakuasi mandiri kebakaran gedung sekolah, dan juga diserahkan bantuan kepada beberapa korban bencana oleh Wakil Bupati HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019