Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcatpil) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informastika Kabupaten Hulu Sungai Utara meluncurkan Aplikasi Portal HSU dan Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIMpun) untuk meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan.

Penandatangan kerjasama  berupa pemanfaatan data kependudukan, NIK  dan E-KTP untuk pengembangan aplikasi SPBE Kabupaten Hulu Sungai Utara.(HSU) yang menerapkan Singel Sign On antara Dinas Dukcatpil dengan Dinas Kominfo HSU.

Penandatangan kontrak kerja sama juga dilaksanakan antara Dinas Dukcatpil dengan PT Pos Indonesia Cabang Amuntai untuk pelayanan antar jemput dokumen kependudukan kepada masyarakat .

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid di Amuntai, Senin mengatakan, Pelayanan pencatatan sipil seperti akta kelahiran, kartu tanda penduduk, kartu edintitas anak, kartu keluarga adalah hak dasar warga negara yang harus di penuhi oleh pemerintah sekaligus pengakuan negara terhadap warga masyarakatnya.

"Saya sangat mengapresiasi kerjasama Dinas Kominfo bersama Dukcatpil serta PT Pos Indonesia Cabang Amuntai dalam rangka peningkatan pelayanan dokumen kependudukan yang prima, cepat dan gratis kepada masyarakat," Ujar Wahid.

Wahid mengatakan, kelengkapan data dokumen kependudukan bagi Pemerintah daerah sangat penting dalam melaksanakan ptogram dan kegiatan pembangunan. Tanpa ditunjang data dokumen kependudukan berbagai program pembangunan sulit direncanakan karena masyarakat merupakan objek atau sasaran pembangunan.

Wahir menjelaskan, Aplikasi SIMpun merupakan upaya Pemda HSU mendukung Program Nasional dalam bidang kependudukan dan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Melalui aplikasi masyarakat bisa dilayani secara online untuk pembuatan dokumen kependudukan.

Penerapan aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Kepala Dinas Kominfo HSU Adi Lesmana dan Kepala Dukcatpil HSU  Ahmad Roosifansyah dan Kepala PT Pos Indonesia.

Kepala Kominfo HSU Adi Lesmana menerangan Portal HSU yang bernasis website ini berfungsi memberikan layanan informasi kepemerintahan baik publik maupun non publik kepada masyarakat.

"Masyarakat bisa mengakses portal HSU ini untuk mencari informasi tentang layanan pemerintah daerah," kata Adi.

Dikatakan peluncuran Portal HSU dan Aplikasi SIMpun juga seiring menyambut Peringatan Hari Jadi Kabupaten HSU ke 67 tahun 2019.

Selepas penandatangan kerjasama, Bupati HSU secara simbolis mengantar langsung dokumen kependudukan berupa akta kelahiran menggunakan aplikasi SIMpun
kepada mayarakat di Kelurahan Paliwara Kecamatan Amuntai Tengah dan Desa Kandang Halang serta Banyu Tajun Kecamatan Sungai Pandan.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019