Ir Hj Ilhamiyah MM mencatatkan dirinya dalam sejarah di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Dia jadi Doktor pertama lulusan Program S3
ULM.

"Dengan lulusnya saudari Ilhamiyah pada ujian disertasi terbuka, menjadikan beliau sebagai Doktor pertama di Program Studi S3 Ilmu Pertanian sekaligus Doktor pertama dari ULM yang diharapkan bisa memacu mahasiswa lain agar bisa menyelesaikan studi doktornya di ULM," kata Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, Kamis (25/4).

Sutarto sendiri memimpin langsung sidang ujian disertasi untuk Ilhamiyah yang bertempat di ruang seminar gedung Pascasarjana ULM.
Dimana disertasi yang berjudul 'Pola Pengelolaan Agroekosistem dalam Meningkatkan Keanekaragaman Arthropoda dan Produksi Sawi pada Pertanaman Sawi' itu, diuji oleh tiga penguji dari ULM yaitu Dr. Ir. Noor Aidawati, Dr. Hilda Susanti, dan Akhmad Rizali Saidi, S.P., M.Agr, Sc, Ph.D beserta satu penguji tamu dari Universitas Brawijaya Malang Dr. Ir. Bambang Tri Rahardjo.

Pada ujian disertasi terbuka tersebut turut pula hadir Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. H. Achmad Syamsu Hidayat, M.P, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP, beserta beberapa pimpinan dari Universitas Islam Kalimantan.
Diketahui jika Rektor ULM terus mendorong semakin banyak dibukanya Program Doktor secara mandiri. Apalagi universitas terbesar dan kebanggaan masyarakat Banua Kalimantan Selatan itu sekarang sudah menyandang status unggul dengan diraihnya Akreditasi A untuk institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sampai saat ini, Program Doktor yang tersedia di ULM hanya ilmu eksakta. Sedangkan untuk program Ilmu Sosial masih minim.

Terakhir pada 2018 lalu, ULM membuka Program Doktor Ilmu Sosial kelas reguler bekerjasama dengan Universitas Airlangga Surabaya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019