Dinas Perpustaan dan Arsip Daerah Hulu Sungai Tengah (HST) gelar lomba bercerita bagi siswa SD, SMP dan SMA sederajat di Gedung Murakata Barabai, Selasa (23/4).

Selain itu juga digelar lomba perpustakaan desa dengan jumlah peserta sebanyak 58 orang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah HST Mardiyono mengatakan, dengan adanya lomba bercerita, setiap anak dituntut untuk lebih banyak membaca. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat positif untuk diupayakan terus menerus, sehingga dapat menciptakan generasi dan calon pemimpin masa depan.

"Disinilah wadah mencari bibit dan bakat anak untuk bisa mengembangkan dirinya melalui media bercerita dan nantinya akan mewakili HST ke Tingkat Provinsi serta diharapkan nantinya tembus T
tingkat nasional," harapnya.

Sebelumnya, panitia penyelenggara Hj Nor Asiyah Ariani menyampaikan, tujuan lomba yaitu menumbuh kembangkan kegemaran membaca, terutama menanamkan cinta kebudayaan, bangsa, persatuan dan kesatuan.

Serta menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita daerah dan menumbuhkan kecintaan akan budaya nusantara terutama budaya lokal.

Ditambahkannya, untuk tujuan dari lomba perpustakaan agar meningkatkan kinerja mutu pengelolaan perpustakaan Sekolah dan Kelurahan/Desa.

Serta meningkatkan peran perpustakaan agar mencapai visi dan misi untuk mewujudkan kegemaran membaca bagi siswa sekolah dan masyarakat.

Dewan Juri lomba terdiri H Misbah Munir,  M Fuad Rahman, Hj Nanik Puspita Sari, Hayani, Rahmadi. Waktu pelaksanaan selama tiga hari dari tanggal 23 sampai 25 april 2019.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019