Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berdasarkan perhitungan suara sementara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggungguli perolehan suara untuk Pemilihan Legislatif (PIleg) tingkat DPRD Kabupaten tahun 2019.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina, di Kandangan, Selasa (23/4), mengatakan hasil tersebut memang masih bersifat sementara dan terus dilakukan input oleh operator di situs Situng KPU.

"Pemilu di Kabupaten HSS secara umum berlangsung aman dan lancar, tidak ditemukan kendala yang berarti, cuma faktor kelelahan para petugas yang harus lembur menyelesaikan perhitungan dari tingkat TPS dan kecamatan," katanya.

Baca juga: Bupati HSS harapkan tidak ada euforia berlebihan pascapemilu

Dijelaskan dia, hingga pagi ini sudah tujuh kecamatan telah menyelesaikan rekapitulasi tingkat Kecamatan dan tersisa empat kecamatan yang masih berproses, yakni Kecamatan Loksado, Kelumpang, Sungai Raya dan Kandangan.

Tidak ada kejadian khusus atau nol di masing-masing kecamatan termasuk tidak adanya pemungutan suara ulang, namun pihaknya tetap menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam persiapan rekapitulasi tingkat kabupaten yang dijadwalkan Senin (29/4) mendatang di Pendopo Kabupaten.

Berdasarkan perolehan suara dari perhitungan suara KPU HSS hingga pukul 10.30 Wita, PKS unggul dengan perolehan suara 8.071 atau 32.05 persen, disusul Partai Nasdem 5.065 atau 20.1 persen, PKB 2.241 suara, Gerindra 2.116 suara, Golkar 1.973 dan PDIP 1.623 suara.

Baca juga: Wabup HSS bersyukur tingkat partisipasi pemilu tinggi

Sementara untuk beberapa partai dengan perolehan suara terendah antara lain, Partai Garuda 68 suara, Perindo 133 suara, PSI 76 suara, PKPI 54 suara dan Hanura yang baru mencapai lima suara.

Keunggulan perolehan suara PKS ini juga sejalan dengan perolehan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar Rabu (17/4) lalu, dimana pasangan Prabowo-Sandi yang diusung PKS unggul telak dengan perolehan 23.660 suara atau 78.3 persen, daripada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang hanya meraih 6.574 suara atau 21,74 persen.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019