Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta menghadiri kegiatan Peringatan Hari Kartini ke-140 Tahun 2019, di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Senin (22/4).


Kegiatan rangkaian peringatan tersebut diawali dengan lomba busana Kartini,  diikuti perwakilan dari berbagai organisasi wanita di Tanah Laut.

Ketua GOW Tala Yati Oktoviana mengatakan,  peran aktif wanita di Indonesia sudah sangat terlihat, salah satu contoh partisipasi wanita pada perhelatan Pemilu 2019,  dimana wanita juga turut andil sebagai pelaksana Pemilu.

“Peran wanita sekarang sangat penting, salah satunya pada perhelatan Pemilu kemarin,” ungkapnya

Sementara itu,  Ketua TP PKK Tala Nurul Hikmah Sukamta mengatakan,  emansipasi wanita menekankan agar perempuan memperoleh pendidikan memadai, menaikan derajat perempuan dan kebebasan berpendapat.

Nurul berpesan,  dalam memperjuangkan  kesetaraan gender para wanita tidak merubah kodratnya sebagai perempuan.

“Perempuan indonesia pejuang tangguh pantang menyerah, saya mengajak seluruh wanita di Tala untuk bergandeng tangan mewujudkan generasi sehat dan berkualitas,” ujarnya

Tepisah, Bupati Tala H Sukamta mengingatkan, momen hari Kartini kali ini untuk mengenang semangat, kebesaran jiwa dan ketulusan hati dari R. A Kartini yang memperjuangkan kesamaan hak antara perempuan dan laki-laki.

“Oleh karena itu selama saya diamanahi,  kita berusaha memberdayakan kaum perempuan, saat ini di Sekretariat Daerah Tala  ada delapan bagian dan empat bagian dipimpin oleh perempuan,” ungkapnya.

Selain itu,  Sukamta juga mengatakan,  ada tiga orang wanita menjadi kepala dinas dan dua orang wanita yang menjadi camat.

“Nanti untuk camat  perempuan akan saya tambah lagi,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala, Pimpinan Satuan Kerja Pimpinan Daerah (SKPD) Tala serta para anggota organisasi kewanitaan di Tala.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019