Ketua DPD PKS Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) H Faqih Jarjani digadang-gadang menjadi calon terkuat mengisi jabatan Wakil Bupati HST mendampingi Bupati H A Chairansyah.

Pasalnya, hasil keputusan PKS di tingkat Provinsi hingga kabupaten, sepakat mengusulkan nama H Faqih Jarjani sebagai calon Wakil Bupati yang telah diserahkan kepada Chairansyah, Senin (22/4) di kantor Bupati setempat.

Sedangkan, Empat nama yang sempat ikut mendaftarkan diri di PKS seperti H Jani, A Sofiani, Berry dan H Jainal belum sejalan dengan visi-misi PKS.

"Mereka berempat bukan berarti tidak memenuhi syarat dan memang ada salah satu yang menonjol. Namun keputusan struktural partai dan kader PKS serta dorongan para ulama dan tokoh masyarakat menghendaki kita yang maju menjadi calon wakil Bupati," kata H Faqih Jarjani.

Sebelumnya, pihaknya sepakat atas usulan H Abdul Latif untuk mendukung M Sampurna sebagai calon Wabup, namun yang bersangkutan tidak bersedia karena terpilih lagi menjadi anggota DPRD, maka pihaknya mencari alternatif lain.

"Pada hari Kamis (18/4) kita juga sudah bertemu dengan H Abdul Latif di tahanan KPK Jakarta, dan beliau juga berharap saya yang maju mendampingi Bupati H A Chairanyah," kata Mantan Ketua DPRD HST itu.

Menurutnya, karena ini hasil keputusan partai dan hasil pertimbangan dari Kawilda PKS Kalimantan, maka Dia mengaku siap menjalankan amanah itu.

"Kita sebagai kader dewasa di PKS tidak bisa menolak, dan tugas lebih berat dari itu pun kalau hasil keputusan partai, kita harus siap menjalankan," katanya.

Ketua DPC Gerindra HST, Rahmadi Jingga juga menuturkan, pertemuan hari ini dengan Bupati HST tidak bersifat final, untuk mengusulkan nama-nama calon Wabup.

"Dari Gerindra ada Enam orang yang masuk mendaftarkan diri, dan insyallah akhir bulan ini kita serahkan kembali biodata nama-nama calonnya ke Bupati," katanya.

Menurutnya, untuk saat ini pihaknya belum bisa menyebutkan nama-nama itu, karena masih sibuk memantau hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Sedangkan, Ketua PBB HST, Abu Permadi menyebutkan, partainya telah sepakat merekomendasikan caleg dari PDI Perjuangan Berry NF untuk diusulkan menjadi calon wakil Bupati HST.

Lantas, bagaimana kriteria calon Wakil Bupati yang diinginkan untuk membantu tugas Bupati HST? H A Chairansyah, melalui Kabag Humas M Ramadlan menyatakan pihaknya tidak memiliki kriteria, terlebih memasang persyaratan yang muluk-muluk terkait calon Wakil Bupati HST.

"Yang penting dapat berkomitmen bekerja dan mengabdi secara tulus, ikhlas, serta perofesional dan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten HST," tutupnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019