Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-57 Satuan Perlindungan Pasyarakat (Satlinmas),

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, barisan Damkar punya tugas mulia, yakni upaya pencegahan dan penyelamatan terhadap kebarakan. Satpol PP sendiri adalah para pengawal kebijakan kepala daerah, selain sebagai petugas penertiban umum.

"Sedangkan linmas merupakan satuan yang bertugas dalam keamanan dan ketertiban pemilu serta pertahanan negara kalau diperlukan, maka keberadaan satuan-satuan ini terus diperkuat melalui beberapa langkah," katanya, saat bertindak sebagai pembina apel menyampaikan sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo, bertempat di halaman Setda HSS.

Apel peringatan HUT Satpol PP, Damkar, Satlinmas (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wisma Pengadilan Agama Negeri Kandangan dihibahkan ke Pemkab HSS

Dijelaskan dia, langkah penguatan tersebut meliputi kelembagaan, penguatan aparatur, pelengkapan sarana dan prasarana serta anggaran yang memadai.

Ia mengucapkan Selamat Hari Jadi untuk para anggota Damkar, Satpol PP dan Satlinmas di HSS dan juga mengharapkan di waktu yang akan datang, agar peringatan satuan ini masing-masing bisa dipisah,

Pemisahan ini bertujuan untuk lebih menghargai dan menyemarakkan para satuan ini, agar dalam merayakan HUTnya, khususnya Damkar yang di luar dari institusi pemerintah.

"Siapa tau mereka ingin merayakan ulang tahunnya sendiri dengan meriah, kita sebagai pemerintah daerah yang ikut memfasilitasinya sehingga di Hari Jadinya ini seyogyanya kita bisa melihat dan menyaksikan pertunjukan ketangkasan para relawan ini," katanya.

Apel peringatan HUT Satpol PP, Damkar, Satlinmas (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pengecatan Pasar Negara akan segera dilakukan

Selepas apel, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para ASN yang memasuki purna tugas atau pensiun dari beberapa OPD, penandatangan komitmen bersama Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR) oleh seluruh Kepala OPD.

Dilanjutkan dengan penyerahan dua unit angkutan kendaraan operasional penanggulangan bencana untuk Dinas Sosial Kabupaten HSS, berupa mobil truk serbaguna dan motor Viar yang berfungsi sebagai dapur umum lapangan saat terjadi bencana.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019