Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, segera membangun Gedung Perpustakaan Umum sebagai wujud mensukseskan program pendidikan untuk meningkatkan minat baca para remaja dan pelajar di"Bumi Bersujud".

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Rooswandi Salem, di Batulicin, mengatakan pembangunan gedung perpustakaan rencannya akan menelan dana sekitar Rp10,5 milyar yang dialokasikan memlalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Dalam proses pembanguna Gedung Perpustakaan tersebut saat ini dalam tahap pembersihan lahan yang berlokasi di Perkantoran Gunung Tinggi," katanya.

Dia mengatakan, sebenarnya pemerintah daerah sudah memiliki Gedung Perpustakaan Umum namun kondisinya tidak memungkinkan sehingga perlu ada pembanguna gedung baru untuk menunjang program pendidikan dan minat baca para siswa dan masyarat yang lebih baik.

Agara proses pembanguna ini bisa berjalan dengan baik pihaknya juga meminta kepada dinas terkait agar senantiasa berkoordinasi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga apabila terjadi permasalahan bisa ditangani dengan cepat.

Kedepannya layanan Perpustakaan Umum Daerah Tanah Bumbu akan dijadikan sebagai salah satu pelayanan media pendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Sekda memastikan proses pembangunan gedung tersebut dijadwalkan akan selesai pada tahun ini dengan konsep pambangunannya ada tiga tingkat.

"Dari tiga tingkat gedung tersebut lantai pertama atau lantai dasar untuk ruang baca bagi anak-anak dan kaum disabilitas, lantai dua untuk ruang baca umum sekaligus sebagai studio mini, dan lantai tiga sebagai ruang baca umum," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019