Pendistribusian logistik Pemilu 2019 dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Hulu Sungai Utara sejak Jum'at hingga berakhir Senin besok. Badan Pengawas pemilu berjanji akan melakukan pengawasan melekat dari pendistribusian logistik dari gudang KPU hingga ke Tempat Pemungutan Suara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Syardani di Amuntai, Sabtu mengatakan, Bawaslu kabupaten  mengawas distribusi logistik secara berjenjang.

"Distribusi dari gudang logistik hingga kekecamatan diawasi Bawaslu kabupaten, selanjutnya dari kecamatan ke desa di awasi Panwascam, sedangkan Pengawas desa yang mengawasi dari PPS ke TPS-TPS," terangnya.

Syardani mengatakan, pergerakan logistik dari suatu tempat ke tempat lain harus melalui pembuatan berita acara yang didalamnya juga melibatkan petugas pengawas dari Bawaslu, sehingga tidak boleh seenaknya memindahkan barang logistik ketempat lain tanpa pengawasan.

Ketua KPU Kabupaten HSU Rina Mei Saputri mengatakan, segala kekurangan logistik yang sebelumnya terjadi sudah lengkap semuanya, termasuk dua kotak suara yang rusak.

"Logistik sudah dikirim mulai Jum"at kemaren di Kecamatan Banjang, Haur Gading dan Sei.Tabukan, dilanjutkan Sabtu ke Kecamatan  Babirik dan Danau Panggang. Sedangkan Paminggir paling terakhir dikirim Senin besok," kata Rina.

Pengiriman ke Kecamatan Paminggir harus dilakukan melalui kapal air karena letaknya yang berada di perairan rawa belum terdapat jalan darat untuk mencapai wilayah kecamatan yang berada paling ujung di Kabupaten HSU tersebut.

Anggota KPU Lukmanul Hakim menambahkan, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendapatkan 5 kotak suara misalnya untuk Kecamatan Banjang terdiri 57 TPS x 5 kotak  = 285 kotak suara yang didistribusikan ke kecamatan tersebut.

Kecamatan Danau Panggang 66 TPS, Babirik 69 TPS, Sei Pandan 95 TPS, Amuntai Selatan 96 TPS, Amuntai Tengah 163 TPS, Amuntai Utara 73 TPS, Haur Gading 51 TPS, Paminggir 27 TPS dan Sei.Tabukan 50 TPS.

Tiap kotak berisikan surat suara sebanyak 75 sampul bersegel (300 lembar), plastik besar 5 buah, sampul terdiri 7 item masing-masing sebanyak 1 buah kecuali sampul untuk suara sah sebanyak 4 buah.

Terdapatnya pula didalam kotak suara, Formulir Model C1 plano berhologram dan salinan formulir model C1 sebanyak satu bundel.


 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019