Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara, bertempat di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina, di Kandangan, Selasa (9/4), mengatakan simulasi yang dilaksanakan melibatkan petugas KPPS dan petugas ketertiban yang sesungguhnya yang akan bertugas, serta dari para saksi dari partai politik.

"Kami berharap adanya simulasi dapat memberi gambaran dan pembelajaran seperti apa pelaksanaan Pemilu nantinya, namun yang lebih penting dari simulasi adalah sebuah evaluasi bagi KPU untuk disampaikan kepada jajaran KPU di tingkat KPPS," katanya.

Simulasi pemungutan dan perhitungan suara (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS gelar apel tiga pilar sukseskan Pemilu 2019

Dijelaskan dia, simulasi kali ini merupakan kegiatan simulasi akhir, yang dihadiri oleh Bupati HSS H Achmad Fikry, para kepala SKPD, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, perwakilan Polres Hulu Sungai Selatan, serta dari jajaran KPU

Memperagakan tentang aktivitas para anggota KPPS dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk melakukan pencoblosan, yang dimulai dari mempersiapkan surat dan kotak suara, hingga proses akhir.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan dengan pelaksanaan simulasi maka ke depan bisa akan dilihat apa saja yang harus dilakukan perbaikan, dan dalam pencoblosan pemilu ini dibutukan kecerdasan karena surat suara yang ada cukup besar untuk melihat gambar-gambar yang akan dipilih.

Simulasi pemungutan dan perhitungan suara (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: KPU HSS melipat 879.169 lembar surat suara

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang telah terdaftar pada Pemilu nantinya, agar datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya pada 17 April nantinya, meluangkan waktu sebentar dan datang ke TPS untuk memilih calonnya sesuai dengan keinginan masing-masing.

Bupati HSS bersama para kepala SKPD dan Ketua DPRD HSS, ikut ambil bagian dalam peragaan simulasi, mulai dari melapor kepihak KPPS, hingga proses pencoblosan surat suara.

Simulasi pemungutan dan perhitungan suara (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019