Warga Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, saat ini bisa menikmati air bersih secara mudah yang disediakan oleh PT Borneo Indo Bara (BIB) melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Dengan selesainya pembangunan sarana air bersih yang dilaksanakan PT BIB kepada masyarakat "Bumi Bersujud" diharapkan mampu meingkatkan kualitas hidup masyarakat setempat dengan menikmati fasilitas yang disediaakan oleh pihak perusahaan," kata Senior Manager CSR & External Relations PT BIB, Meidia, di Batulicin.

Dia mengatakan, dalam implementasi ada beberapa tahap yang dilakukan oleh perusahaan salah satunya dengan mencari sumber air bersih, pembangunan instalasi, sistem pendidtribuiasn, hingga pengaliaan dan penanaman jaringan pipa air kerumah warga.

Dalam hal ini pihak perusahaan juga melakukan kerjasama dengan Pamsimas dan Asosiasi BPSPAM Kabupaten Tanah Bumbu. Secara keseluruhan akan dilaksanakan pada empat desa diantaranya Desa Sebamban Lama, Banjarsari, Sumber Baru dan Desa Sebamban Baru,dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 1020 Kepala keluarga.

Khusus Desa Sebamban lama ada sebanyak 184 Kepala Keluarga yang telah menikmati air bersih tersebut di dua lokasi yakni di RT.04 dan RT.07.

Penerima manfaat program air bersih  ini adalah masyarakat yang memang sangat memerlukan air bersih dan adapun untuk kualitas air bersih ini kita pastikan layak dikonsumsi sebagai air minum sesuai standar kesehatan.

Manurut dia, penyediaan fasilitas air bersih di beberapa desa tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat.

"Ini adalah langkah awal dari perusahaan untuk menyelesaikan pembangunan sarana air bersih bagi warga, sehingga program ini bisa bermanfaat terus bagi masyarakat meskipun perusahaan tidak lagi melakukan aktifitas pertambangan," katanya.

Untuk diketahui, banyak masyarakat sebelum menerima manfaat program air bersih para warga membeli air bersih dengan harga yang relatif mahal, namun saat ini para warga sudah bisa menikmati air bersih gratis.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019