Fraksi Kebangkitan Bintang Nurani Rakyat (KBNR) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyoroti tentang upaya untuk menjaga kelestarian hutan pegunungan Meratus.


Hal itu terungkap dalam pemandangan umum terhadap Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kalsel, yang disampaikan pada rapat paripurna DPRD setempat, yang dipimpin ketuanya Nasib Alamsyah, di Banjarmasin, Rabu.

"Apapun alasanya, semua hutan lindung di kawasan Meratus harus kita pelihara dengan baik," tandas Fraksi KBNR melalui juru bicaranya Hj Gusti Laila Faridah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Kita jangan sampai mengeksploitasi semua sumber daya alam, yang bisa merusak ekosistem, hanya untuk pengembangan ekonomi segelintir orang," lanjut Fraksi KBNR yang diketuai Hj Rosnani itu.

Fraksi KBNR DPRD Kalsel gabungan anggota dewan tingkat provinsi tersebut yang berasal dari tiga partai politik (Parpol) yaitu PKB tiga orang.r

Selain itu, dari Partai Bulan Bintang (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) masing-masing satu orang.

Dalam pemandangan umumnya, Fraksi KBNR menyatakan mengapresiasi terhadap usulan RTRWP dari Pemprov Kalsel.

Wakil rakyar dari tiga parpol tersebut juga menilai gagasan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, merupakan langkah positif, dan karenanya pula sepakat terhadap beberapa ide orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut.

"Sebagai contoh keinginan atau rencana membatalkan tukar guling sebagian hutan lindung. Bahkan kami sependapat, bukan cuma sebagian, melainkan semua hutan lindung di kawasan Meratus," demikan Fraksi KBNR.

Sementara itu, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang diketuai H Muhaimin, dalam pemandangan umum terhadap RTRWP 2012 - 2032, berharap, terwujudnya keterpaduan struktur ruang dan pola ruang provinsi yang efisien dan berkelanjutan.

  "Hal itu untuk mendukung pengembangan wilayah perdagangan dan jasa berbasis agroindustri sebagaimana dimaksud dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kalsel," demikian Fraksi PDIP melalui juru bicaranya Novianti/D.
(T.KR-SHN/C/I014/I014) 21-11-2012 17:10:27

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012