Sebanyak 720 orang guru yang terdiri atas guru SD dan TK se Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  mengikuti Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan, yang dibuka Bupati HSS H Achmad Fikry.

Perwakilan dari Yayasan Adi Luhung H. Adi Irawan, di Kandangan, Senin (18/3) mengatakan pelaksanaan kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan di beberapa kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

"Kami sudah bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se Indonesia (APKASI) untuk melaksanakan kegiatan ini, dan sudah mendatangi 148 kabupaten dan kota di Indonesia," katanya, saat menyampaikan sambutan, bertempat di Pendopo Kabupaten.

Workshop peningkatan mutu pendidikan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: DHC 45 HSS pelaksana napak tilas Gubernur ALRI

Dijelaskan dia, ada tiga materi pokok utama yang akan diberikan, yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Guru, peningkatan mutu pelajaran dan peningkatan iman dan taqwa.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, mengatakan para peserta adalah para guru SD dan TK se Kabupaten HSS yang mewakili sekolah masing-masing sebanyak dua orang.

Acara workshop akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18 s/d 20 Maret 2019, yang akan dilaksanakan secara bergantian, di mana untuk hari kedua akan diikuti oleh Guru TK, sedangkan hari pertama dan ketiga oleh para Guru SD, untuk pelaksanaan acara sendiri diserahkan sepenuhnya kepada PGRI HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan bahwa sekarang ini peningkatan mutu pendidik adalah sudah menjadi suatu keharusan dan jangan sampai tenaga pendidik tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

"Pendidikan itu sifatnya dinamis, sehingga akan selalu berubah dari masa ke masa. Sebagai tenaga pendidik kita tidak bisa berdiam diri, sehingga harus mampu meningkatkan mutu dan kompetensi diri untuk bisa memberikan yang terbaik kepada anak didik," katanya.

Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: 19 peserta ikuti kejuaraan Parade Drum Band

Menurut dia, para guru dituntut tidak hanya mampu meningkatkan kecerdasan intelektual siswa dan mentransfer ilmu, tetapi juga harus mampu menciptakan karakter baik bagi para siswanya.

Dalam kegiatan ini, ia berharap agar semua peserta bisa menyerap apa yang diberikan oleh nara sumber, sehingga bisa diterapkan di sekolah masing-masing.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih atas kesediaan Yayasan Adi Luhung untuk berbagi tips dan trik dalam memberikan pengajaran dan pendidikan bagi para guru di HSS. Menurut dia ini memang merupakan salah satu program kerja utama yang telah disepakati dalam APKASI.

Penyerahan Cinderamata  (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019