Bagi pelajar yang duduk di kelas XII SMA sederajat diingatkan untuk segera mendaftarkan diri pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Dr Aminuddin Prahatama Putra mengatakan, dari data di manajemen-utbk.ltmpt.ac.id/pusat-utbk, progres pendaftaran UTBK 2019 per Kamis, 14 Maret 2019 pukul 06.00 WIB, jumlah peserta 508.649 orang.

"Ini peserta yang sudah final/definitif, yaitu siswa yang sudah membayar dan juga peserta Bidikmisi yang sudah mendapatkan kartu peserta. Karena pendaftarnya masih sangat sedikit, maka kami ingatkan lagi agar segera mendaftarkan diri," terang Aminuddin.

Selain yang sudah final, ada juga kategori pendaftar UTBK yang telah berhasil login dan sudah mengisi biodata saja secara permanen, yakni berjumlah 560. 016 orang.

Kemudian pendaftar yang sudah permanen pilihan sesi waktu dan juga kelompok ujian, tetapi belum membayar atau disebut calon peserta sebanyak 10.483 orang.

Untuk itu, Aminuddin mengimbau waktu pendaftaran UTBK gelombang I dari tanggal 1-24 Maret 2019 harus dimanfaatkan betul oleh siswa agar miliki kesempatan lebih banyak mengikutinya.

"Siswa dapat mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali. Peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan, pada dua kali UTBK," jelasnya kepada Kantor Berita Antara.

Adapun untuk gelombang kedua pendaftaran UTBK dibuka mulai 25 Maret sampai 1 April 2019. Sedangkan 13 April sampai 26 Mei adalah waktu pelaksanaan tesnya yang terbagi menjadi dua sesi setiap harinya.

"Itu artinya ada 20 kali pelaksanaan tes. Peserta tinggal memilih atau menentukan sendiri jadwalnya. Untuk pengumuman hasilnya, paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan tes," tutur Aminuddin.
Tahapan pendaftaran pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tersebut dilakukan melalui laman https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/ dengan cara menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk mendaftarkan user name dan password.

Kemudian mengunggah pas foto terbaru berwarna serta mengisi data-data yang ada sesuai petunjuk hingga memilih waktu dan lokasi pelaksanaan ujian untuk mendapatkan slip pembayaran. Selanjutnya melakukan pembayaran ke bank, kecuali yang Bidikmisi.

"Paling lambat setelah mendaftar, 1 x 24 jam harus membayar. Karena jika tidak, akan ter-delete sendiri oleh sistem, sehingga mau tidak mau harus mendaftar ulang dari awal lagi. Kalau semuanya sudah dilakukan, terakhir login ke website untuk mencetak kartu peserta UTBK," tandas Aminuddin.

Ujian Tulis Berbasis Komputer dengan dua materi tes, yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. Peserta mengikuti materi tes sesuai pilihannya pada program studi yang nantinya dituju.

Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN pada saat SBMPTN.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019