Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan penandatanganan Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) dengan 12 perguruan tinggi terkemuka di Negara Taiwan.

Menindaklanjuti kesepakatan yang dibuat, program pertukaran mahasiswa bakal mengawali ikatan kerjasama tersebut. 

"Kami segera menyiapkan mahasiswa yang akan dikirim ke Taiwan, tentu sesuai dengan bidang keahliannya pada universitas yang dituju nanti," terang Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas ULM Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin, Kamis (14/3).

Diungkapkan Yudi, perguruan tinggi di Taiwan kebanyakan telah mempunyai spesialis bidang keahliannya masing-masing. Sehingga mereka harus mengirim mahasiswa yang tepat berdasarkan program studi yang ditekuni.

Dekan di beberapa fakultas di ULM pun sudah sepakat menindaklanjuti kerjasama 
dalam waktu segera, sembari menyosialisasikannya kepada sivitas akademika di kampus.

Tak hanya perturakan mahasiswa, dalam nota kesepahaman juga akan berkembang pada program-program lain, seperti riset bersama, publikasi, kemudian juga pertukaran dosen hingga guest profesor dan sebagainya.

Sehingga harapannya mahasiswa dan dosen ULM punya wawasan yang luas dan skala internasional sejalan dengan keinginan ULM yang terus mengepakkan sayapnya ke luar negeri melalui jalinan berbagai kerjasama internasional.
Sementara perguruan tinggi di Taiwan itu sangat senang bisa menjalin kerjasama dengan ULM yang menurut mereka mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

"ULM sangat potensial, perguruan tinggi di Taiwan antusias bisa bekerjasama. Harapan kami juga akan ada lebih banyak mahasiswa asal Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan kuliah di Taiwan," kata 
Janice Esmeralda selaku Project Specialist Taiwan Education Center Indonesia.

Pada pertemuan dengan perwakilan 12 perguruan tinggi asal Taiwan yang berlangsung di Ruang Rapat lantai 3 Gedung Rektorat ULM di Banjarmasin itu, Yudi yang mewakili Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi turut didampingi Direktur Kantor Urusan Internasional ULM Arief Budiman serta sejumlah Dekan Fakultas di ULM.

Adapun 12 perguruan tinggi terbaik Taiwan yang sehari sebelumnya menggelar pameran pendidikan tinggi bertajuk "Taiwan Higher Education Fair 2019" di Grand Ballroom Hotel Mercure Banjarmasin itu, yakni Tunghai University, Tzu Chi University, Tamkang University, Lunghwa University of Science and Technology, I-shou University, National Taiwan University, National United University, National Taiwan Ocean University, National Kaohsiung University of Science and Technology, National Dong Hwa University, Yuan Ze University serta National Cheng Kung University.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019