Sebanyak 44 siswa Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Tapin ikuti Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) tahun 2019, Kamis (14/03) bertempat di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin ini mengangkat tema "Mewujudkan Generasi Kompetitif, Berkarakter, Berkualitas dan Adaftif terhadap Perubahan" dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemkab Tapin, H Juwaini.

Kadisdik Kab Tapin H Juwaini dalam sambutannya mengatakan, yang diundangnya OSN-SD 2019 dilaksakan sebagai wahana kompetisi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD / MI dan atau yang sederajat.

"Melaksanakan bagian dari upaya memperbaiki dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi," ucapnya 

Selain itu, menurutnya juga bahwa Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. 

Pada kesempatan itu pula dia menghimbau bagi para peserta lomba untuk terus belajar dan mampu bersain dalam meraih prestasi.

"Manfaatkan waktu kalian untuk melanjutkan belajar, dan jangan hanya bermain dengan game-game online yang bisa menghilangkan keseimbangan belajar," katanya.

Maka dengan hal itu juga perlu adanya dukungan dari orang tua siswa, jangan sampai satu hari sang anak memilih waktu belajar.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan karakter Disdik Tapin, M Zain MM dalam laporannya mengatakan Peserta OSN- SD Tahun 2019, adalah siswa Sekolah Dasar dari 12 Kecamatan di Kabupaten Tapin, setiap Kecamatan ada 4 siswa (2 Siswa bidang Matematika, dan 2 Siswa Bidang IPA) putra / putri, maka sepenuhnya membantah 48 siswa, namun yang hadir pada hari ini hanya mendapat 44 siswa

"Hal ini dianggap kecamatan Candi Laras Utara tidak menerima siswanya," ungkapnya sementara

untuk juri OSN-SD 2019 ini diambil dari tim PT Bhumi Rantau Energi (PT BRE) dan PengawasSekol (SD) di bawah alokasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin.

 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019