Tanjung - PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Aset 5 Tanjung Field Kabupaten Tabalong belum bisa menghidupkan tugu obor Mabuun Kecamatam Murung Pudak karena masih kekurangan pasokan gas.

Manager Lapangan PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung Field Zulfikar Akbar menjelaskan produksi gas saat ini diprioritaskan bagi kebutuhan operasional produksi perusahaan.

"Tugu obor masih kita padamkan kasokan pasokan gas kurang," jelas Zulfikar. Kebutuhan gas untuk operasional produksi pertamina saat ini mencapai 2 juta standar kaki kubik (scf) lebih sementara produksi gas hanya 1,8 juta scf.

Kurangnya pasokan gas disebabkan tidak berproduksinya dua sumur minyak dan gas (migas) di Kecamatan Tanta yakni TA - 01 dan TA - 03. 

Selanjutnya pertamina mengalokasikan dana tambahan sekitar Rp6 miliar per tahun untuk solar dan LNG (Liqufied Natural Gas) bagi penunjang operasional produksi. Bupati Tabalong Anang Syakhfiani berharap tugu obor Mabuun bisa hidup kembali mengingat monumen Tanjung Puri ini merupakan ikon 'Bumi Saraba Kawa'.

"Kita minta pertamina bisa mengupayakan agar tugu obor bisa hidup kembali khususnya pada peringatan hari jadi kabupaten Desember nanti," jelas Anang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019