Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Abdul Hadi, akan menjadi donatur untuk pembangunan rumah ke 10 oleh penggiat sosial Sahabat Balangan Centre (SBC).

Sebagaimana diketahui, penggiat sosial Sahabat Balangan Centre (SBC) telah melaksanakan rehab rumah sebanyak tiga unit, bedah rumah sebanyak dua unit, dan membangun rumah bagi warga yang benar-benar patut dibantu sebanyak empat unit rumah.

Dimana kegiatan rehab, bedah hingga bangun rumah tersebut berasal dari dana swadaya melalui rekening Sahabat Balangan Centre, kemudian ditambah donatur dari Bank Kalsel sebanyak dua unit rumah, dan Ketua TP PKK Hj Nursidah Ansharuddin satu unit rumah.

Dikatakan H Abdul Hadi, Senin (4/3) sasaran kegiatan rehab, bedah hingga bangun rumah yang dilaksanakan oleh Sahabat Balangan Centre (SBC) sangat tepat sasaran, dan telah membantu upaya pemerintah dalam program rumah layak huni bagi kaum yang patut dibantu, di Kabupaten Balangan.

"Pemerintah Kabupaten Balangan untuk tahun 2019, kembali melakukan kegiatan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) atau yang lebih dikenal masyarakat dengan bedah rumah, yakni sebanyak 31 buah. Dengan adanya kegiatan Sahabat Balangan Centre (SBC) dengan program yang sama, maka InsyaAllah kegiatan rumah layak huni bagi masyarakat yang membutuhkan akan tercapai dengan cepat," tuturnya.

Untuk itu lanjutnya, ia akan turut berpartisifasi dalam membantu pencapaian tersebut melalui tim Sahabat Balangan Centre (SBC), dengan target anggaran kisaran Rp10 juta per unit rumah, tergantung tinggi rendahnya lantai sesuai kondisi alam.

Diterangkan Ketua Sahabat Balangan Centre (SBC) Dewi Purwanti, sebenarnya kebanyakan kegiatan bedah rumah yang selama ini dilaksanakan, lebih pantas disebut bangun rumah. Karena kami membangun dari nol dengan bahan baru berupa jenis taso dan jenis kalsiboard, dengan atap seng dan lantai semen.

Dengan ukuran 5x4 meter, dengan satu buah ruang tamu, satu ruang kamar, satu ruang dapur, serta kamar mandi dan wc sehat. Anggaran rata-rata yang telah dilaksanakn berkisar dari angka Rp7 juta hingga Rp9 juta an, dan sisa uang maupun sisa bahan bangunan, akan kami simpan untuk kegiatan lanjutan.

"Apapun kegiatan membantu warga untuk memiliki rumah layak huni, selalu dikenal warga sebagai bedah rumah. Dan setelah menyelesaikan sebanyak dua buah rumah di awal 2019, kami rencananya akan melanjutkan bangun rumah ke 10 di wilayah Kecamatan Juai, InsyaAllah sekitar bulan Maret 2019 ini," ungkapnya.

Akan tetapi lanjut Dewi, rencana tersebut bisa saja berubah menjadi bulan April 2019, dikarenakan tim Sahabat Balangan Centre (SBC) masih harus menangani Ibu Arpinah (40) warga Desa Ambakiyang, Kecamatan Awayan, untuk menjalani pemeriksaan serta operasi Tumor Perut di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin, Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Program Kegiatan Sahabat Balangan Centre (SBC)

1. Membangun/Rehab/Bedah Rumah bagi warga yang patut dibantu.
2. Membantu warga kurang mampu dalam upaya pengobatan, perawatan hingga upaya kesembuhan atas penyakitnya, yang mana selama ini yang pernah kami tangani, Kanker, Leukimia, Tumor, dan lain sebagainya hingga kerumah sakit rujukan.
3. Berbagi Sembako bagi kaum membutuhkan, Dhuafa, Fakir Miskin, Yatim Piatu.
4. Beasiswa bagi warga yang tidak mampu, Beasiswa Sekolah bahkan hingga Biaya Semesteran Kuliah sampai selesai.
5. Permodalan dan pelatihan UKM bagi warga yang patut dibantu.
6. Berbagai hal kemanusiaan lainnya.

Kami mengajak semua elemen bahu-membahu peduli dengan sesama. Tanpa menggunakan proposal maupun turun minta-minta ke jalan. Kami yakin, dalam diri setiap manusia, tentu terdapat jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi. Karena sejatinya "Manusia merupakan Makhluk Sosial,". 

"Silakan simak berita tentang kami di internet maupun Youtube, dengan caption Sahabat Balangan Centre, atau SBC Balangan," pungkas Dewi Purwanti, Ketua Sahabat Balangan Centre (SBC).

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019