Masalah tekanan oli hambat tes Mercedes di Catalunya

Rabu, 27 Februari 2019 10:58 WIB

Sangat penting untuk merasakan paket aerodinamika yang baru
Jakarta (Antaranews Kalsel) - Tim Mercedes-AMG F1 dirundung masalah tekanan oli mobil ketika turun di hari pertama tes pramusim pekan kedua di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Selasa.

Pebalap asal Finlandia Valtteri Bottas hanya mampu menyelesaikan tujuh putaran ketika mobil balap W10 yang ia kendarai harus mogok hampir sepanjang sesi siang tes karena mengalami masalah tekanan oli, demikian laman resmi Formula1.com pada Rabu.

Sementara Lewis Hamilton mendapati tes hari itu tanpa masalah, menguji paket aerodinamika baru untuk menghadapi GP Australia serta menyelesaikan 83 putaran dengan waktu terbaik 1 menit 20,332 detik di P12.

Bottas hanya melewati tiga tikungan sebelum mobilnya mogok dan harus meninggalkannya di pinggir trek.

Setelah mobil W10 ditarik ke pit dan masalah tekanan oli diperiksa, Mercedes memutuskan untuk menghabiskan sesi siang dengan memberikan power unit baru ke mobil Bottas, yang hanya mampu menikmati enam lap sebelum tes usai sore itu.

"Sayang sekali, setelah reliabilitas yang tak ada masalah empat hari pekan lalu, saya menghabiskan sebagian besar hari ini menunggu ketika kami memiliki masalah tekanan oli di lap pertama dan harus mengganti power unit," kata Bottas.

"Tapi saya lega bisa melakukan beberapa lap. Tim melakukan pekerjaan yang sangat bagus untuk membuat mobil berjalan lagi. Sangat penting untuk merasakan paket aerodinamika yang baru."

Hamilton, sementara itu, membahas kemajuan keseimbangan mobil W10 yang sempat dibilang Bottas seperti menyeimbangkan sebuah pisau pekan lalu.

"Mobil terasa relatif bagus," kata Hamilton. "Perbaikan terasa dari pekan lalu, yang mana adalah langkah bagus. Ban juga bekerja lebih baik sekarang karena suhu trek yang sedikit lebih tinggi. Kami harus terus menganalisa semuanya dan terus berjuang."

Direktur teknis Mercedes James Allison merefleksikan hasil tes hari itu.

"Selain mengalami masalah (tekanan oli), kami melakukan sesuatu yang berguna," kata Allison. "Kami mendapati bahwa mobil bersikap sedikit berbeda dengan paket baru. Kami berharap untuk menjalani hari tanpa masalah besok dan rasa yang lebih baik dari apa yang bisa dilakukan mobil itu."

Tes kurang berjalan mulus juga bagi Ferrari hari itu saat mobil SF90 Charles Leclerc harus menghabiskan waktu di pagi hari di dalam garasi karena mengalami masalah pendingin mobil dan hanya mampu menyelesaikan total 29 lap.

Sebastian Vettel, akan tetapi, menikmati sesi siang tanpa masalah dan finis di peringkat empat.

Baca juga: Mercedes khawatir terganggu Brexit, rival Ferrari lebih diuntungkan

Baca juga: Mercedes luncurkan mobil balap baru untuk Formula 1 2019
 
Pewarta:

Editor: Endang Sukarelawati

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019

Terkait

Jasa Raharja terima Sertifikat ISO 22301: 2019

Senin, 14 Februari 2022 18:42
Terpopuler