Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Pada rangkaian Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Banyu Irang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan,  Pemerintah (Pemdes) Desa Bayu Irang menggelar dialog kemitraan dan silaturahmi dengan pelaku usaha kecil dan perusahaan  beroperasi di wilayah tersebut, di Aula SMPN 2 Bati-Bati, Jumat (22/2).


Dalam dialog itu, Kades Banyu Irang Titi Lisnani mengatakan,  sebanyak 16 perusahaan telah beropersi di Wilayah Desa Banyu Irang, Kecamatan Bati-Bati.

"Disamping itu desa juga memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Maju Bersama yang usahanya untuk kepentingan warga desa,” ujarnya.

Terpisah, Pemilik Kelana Multi Konstruksi Edi Sudarmadi menyambut baik keberadaan Bumdes Maju Bersama dan berharap industri-industri kecil atau UKM semakin berkembang di Banyu Irang.

Pihaknya juga, sebut dia,  berkomitmen untuk turut meningkatkan kesehjateraan desa melalui Bumdes.

Sementara, Bupati Tanah Laut H. Sukamta mengatakan, Bumdes sangat potensial untuk berkembang apabila dikelola dengan baik.

“Bumdes harus menjadi pilar utama penerimaan desa. Desa harus semakin kreatif mengelola dana desa sehingga menjadi desa yang produktif dan mandiri," ujar Sukamta.

Bupati juga mengapresiasi kepada perusahan yang telah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung meningkatnya pendapatan asli Desa Banyu Irang.

Tak lupa Sukamta juga menyampaikan terimakasihnya kepda Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalsel karena bersedia turun ke desa untuk memaparkan seputar kewenangan OJK.

"Tidak menutup kemungkinan nantinya salah satu usaha Bumdes adalah simpan pinjam yang pengawasannya ada dibawah OJK," tandasnya.

Sebelum dilaksanakannya dialog, terlebih dulu dilaksanakan penandatanganan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pendapatan asli desa antara perusahaan yang ada di Banyu Irang dengan Pemerintahan Desa Banyu Irang disaksikan Bupati Tanah Laut H Sukamta, di Aula SMPN 2 Bati-Bati.

Dialog Kemitraan juga dihadiri Wakil Bupati Abdi Rahman, perwakilan Kantor  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IX Kalimantan Abidin Rahman, Kepala Desa Banyu Irang Titi, pimpinan perusahaan, Kepala Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD), ketua dan pengurus Bumdes.






 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019