Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 bersama Forkopimda dan unsur terkait, bertempat di Markas Kodim (Makodim) Kandangan.

Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, di Kandangan, Jum'at (22/2), mengatakan kegiatan dengan tema “Mari kita kelola sampah untuk mewujudkan Hulu Sungai Selatan(HSS) bersih, sehat dan bernilai”.

"Ada beberapa tempat yang dijadikan sasaran objek di Desa Karang Jawa, Kecamatan Padang Batung, Madang, Desa Sirih Kecamatan Kalumpang dan Angkinang," katanya, saat peringatan upacara HPSN.

Dijelaskan dia, jajaran TNI sangat mendukung dalam menyukseskan HPSN, untuk mewujudkan HSS sebagai daerah yang bersih dan sehat.

"Bila sampah sampai menumpuk maka akan menimbulkan bahaya di lingkungan sekitar. Bahaya tersebut dapat berupa banjir dan penyakit serta aroma yang tak sedap dari sampah yang dibuang sembarangan," katanya.
 
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: PT AGM dukung percepatan pembangunan TPA lokasi baru

Ia mengajak  masyarakat  memanfatkan tempat sampah yang  disediakan dengan membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak berserakan di mana-dimana.

"Kiranya niat tulus dan kerja keras kita dalam mengelola sampah di wilayah Kandangan, senantiasa diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya.

Menurut dia, pentingnya untuk membangun kesadaran bersama untuk  hidup bersih dan sehat, melalui pengelolaan sampah, mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.

Meningkatkan peran aktif dan langkah langkah pemerintah daerah serta masyarakat luas dalam pengelolaan sampah, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi untuk mengatasi mulai dari sumbernya.

Begitupun, membangun sinergi pemerintah masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah dan TNI akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi sampah dan akan dimulai dulu dari pribadi dan keluarga masing-masing untuk selalu peduli terhadap sampah.
 
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Bupati dan Dandim Kandangan resmikan hasil aksi bedah Musholla Nurul Huda

Kepala Bidang (Kabid) Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS Irfani, mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1003 Kandangan yang telah memberikan arahan tentang sampah pada peringatan HPSN.

Dijelaskan dia, negara Indonesia setiap harinya menghasilkan beribu-ribu ribu ton sampah dan ini nilainya bukan sedikit maka kalau tidak peduli dengan sampah, bukan tidak mungkin akan tidur dengan sampah.

“Mudah-mudahan dengan peringatan HPSN ini, negara kita bisa bebas dari dampak dan bahaya dari sampah khususnya di Kabupaten HSS”, katanya.
 
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019