Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1003 Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto meresmikan Musholla Nurul Huda, Desa Paring Agung, Kecamatan Sungai Raya, yang merupakan hasil aksi beda mushola Kodim 1003 Kandangan.

Dandim Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, di Paring Agung, Kamis (14.2), mengatakan dalam aksi bedah dilakukan rehab total meliputi, pengadaan batako, pemasangan plafon, pembuatan MCK, pembuatan gudang mushola, jendela, pengadaan Al quran, mukena, listrik, lampi tempat wudhu dan lainnya.

"Aksi bedah ini merupakan  wujud kepedulian dan partisipasi bhakti prajurit TNI di tengah-tengah masyarakat demi kemaslahatan umat, dan merupakan inisiatif, serbuan teritorial yang kami gagas dan prakasai didasari atas keinginan untuk ikut menjadikan Kabupaten HSS yang agamais,humanis sesuai visi dan misi Bupati HSS," katanya.

Dijelaskan dia, aksi bedah mushola ini perdana  yang dilaksanakan oleh Kodim 1003/ kandangan, untuk selanjutnya aksi bedah mushola akan diupayakan secara bertahap dan berkesinambungan di beberapa wilayah koramil lainnya di wilayah Kabupaten HSS.
 
Penandatangan prasastri peresmian Musholla (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Safari kuliah subuh Dandim Kandangan dukung visi misi Bupati HSS

Begitupun aksi bedah Mushola Nurul Huda ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dalam perintah untuk mengajak atau menganjurkan hal-hal yang baik dan mencegah hal-hal yang buruk bagi masyarakat, sekaligus memakmurkan mushola ini, 

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak Kodim 1003 Kandangan, yang secara sukarela membantu dalam perbaikan sarana ibadah. 

"Hal ini sangat membanggakan kami, karena ini merupakan bukti kongkret kerjasama yang baik antar unsur Forkopimda di HSS, bantuan rehab tempat ibadah ini pasti akan sangat dirasakan oleh masyarakat, karena merupakan sarana sehari-hari yang dipergunakan untuk beribadah," katanya.

Dijelaskan dia, tinggal sekarang masyarakat untuk bisa memanfaatkannya secara maksimal, sesuai tujuan dan peruntukannya dan jangan hanya tempat ibadahnya sudah baru, tetapi jamaahnya pun harus banyak pula mengisinya.
 
Pemotongan tumpeng (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kodim 1003 Kandangan bedah Mushola Nurul Huda

Dalam kegiatan ini, turut ditandatangani prasasti tanda peresmian musholla oleh bupati dan dandim, dan bupati juga turut memberikan tambahan bantuan kepada pengurus langgar berupa beberapa buah mushaff Al-Qur'an dan uang sebesar Rp10 juta.

Musholla Nurul Huda ini sendiri, sebelum direhab kondisinya memang cukup memprihatinkan, karena sudah lapuk termakan usia sebab musholla ini didirikan tahun 1939.

Rehab oleh pasukan Kodim 1003 Kandangan dilakukan bergotong royong dengan masyarakat setempat sekitar dua minggu yang lalu, dan kini sudah selesai, dengan dana untuk perbaikan musholla ini dihimpun dari berbagai pihak.

Bantuan tersebut berasal dari sumbangan dari seluruh danramil, prajurit TNI dan masyarakat yang menginfaqkan hartanya, serta ada pula bantuan berupa material dan bahan bangunan.

Turut hadir dalam peresmian ini semua unsur Forkopimda, kepala OPD, Kepala Kemenag HSS H Saribuddin, wakil Ketua MUI HSS, Camat Sungai Raya Susilo Adianto, kepala desa, jajaran Kodim 1003, tokoh masyarakat, undangan serta masyarakat sekitar dan acara ditutup dengan makan bersama sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.
 
Penyerahan bantuan dari Bupati HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019