Rantau, (Antaranews Kalsel) - 35 ribu hekatare lahan rawa di Kabupaten Tapin dimasukkan dalam program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dari Kementerian Pertanian RI.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Wagimin, di Rantau, Selasa (19/2) bahwa Kabupaten Tapin termasuk salah satu daerah yang dipercaya oleh Kementerian Pertanian RI untuk melaksanakan program Serasi.

"Dari 250 ribu hektare program serasi di Kalsel, Tapin mendapatkan jatah sebanyak 35 ribu hektare," ujar Wagimin.

Dijelaskan Wagimin, tujuan program Serasi agar bisa mengelola tata kelola air menjadi baik, sehingga dapat meningkatkan indeks penanaman yang dulunya lahan tidur menjadi lahan produktif.

"Dengan Serasi, para petani juga akan ditingkatkan sumber dayanya, tidak hanya itu segi sarananya saja, tapi juga dalam prasarana juga akan ditingkatkan," paparnya.

Lanjut Wagimin, program Serasi juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dan nilai tambah pertanian, karena program ini juga akan saling terintigritas dengan peternakan, perkebunan, dan pertanian

Wagimin berpesan kepada petani yang mendapatkan program Serasi, untuk benar-benar giat melakukan pemanfaatan lahan secara optimal.

Diketahui, program Serasi dilaksana di enam propinsi, yakni Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Jambi, Lampung, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Tengah dengan total luas 400 ribu hektare.
 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019