Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Camat Daha Barat Kusairi menyampaikan beberapa garis besar usulan prioritas yang dirangkum dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa yang sudah dilaksanakan sebelumnya.
 
Ia mengatakan, usulan tersebut termasuk untuk mendukung visi misi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang teknologis maka seluruh desa di Kecamatan Daha Barat rencananya akan diadakan transmisi jaringan internet.

"Selain itu, untuk usulan prioritas lainnya antara lain peningkatan ruas jalan darat di Daha Barat, rehabilitasi jembatan ruas jalan poros Samuda - Bajayau dan pengadaan alat pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)," katanya, dalam Musrenbang Kecamatan Daha Barat, Selasa (12/2) pagi.
 

Musrenbang tingkat Kecamatan Daha Barat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Wabup HSS : Program yang dibuat harus dapat mensejahterakan masyarakat

Dijelaskan dia, dalam masalah penangangan ilegal fishing beberapa warga kini dengan sukarela, sudah menyerahkan alat setrumnya untuk diupayakan diganti dengan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan.

Jumlah usulan lain di tingkat desa semula berjumlah 73 dan diciutkan menjadi 21 usulan untuk dibahas dalam Musrenbang tingkat Kecamatan, dan ada pula diantaranya yang sudah bisa diselesaikan di tingkat desa dengan anggaran APBDes.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan menyambut baik langkah yang telah ditempuh oleh jajaran pemerintah Kecamatan Daha Barat, apa yang bisa diatasi di tingkat desa maupun kecamatan, tidak mesti dibawa atau diselesaikan di tingkat Kabupaten.
 
"Sekarang ini berdasarkan aturan yang berlaku dari BPK dan KPK, semua aspirasi baik yang ada di masyarakat bahkan dari anggota legislatif harus melalui jalur musrenbang secara berjenjang," katanya, saat membuka kegiatan Musrenbang.
 

Musrenbang tingkat Kecamatan Daha Barat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS buka Musrenbang RKPD Kecamatan Daha Selatan

Menurut dia, tidak ada lagi yang masuk secara mendadak di tengah jalan, kecuali yang sifatnya musibah. Dan semuanya harus mengacu kepada RPJMD yang telah disusun.

Ia mengingatkan agar pengentasan kemiskinan hendaknya dilakukan secara mendasar dari desa, karena desa bisa berperan penting dalam membantu warga yang kurang mampu sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Setelah dibuka oleh Bupati, musrenbang dipimpin oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, dihadiri oleh para kepala OPD, kepala desa, kepala BPD, kepala sekolah, perwakilan pelajar, PKK dan anggota DPRD HSS Dapil tiga Wilayah Daha, tokoh masyarakat, kelompok tani dan nelayan.

Musrenbang tingkat Kecamatan Daha Barat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019