Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penerima manfaat bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Junaidi, warga Desa Kapuh, Kecamatan Simpur, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berhasil mengembangkan usaha bakso dan mie ayamnya, berkas permodalan yang diberikan melalui program pemerintah tersebut.

Ia mengatakan, modal dari program UEP yang diberikan oleh Dinas Sosial HSS  sebesar Rp3 juta dimanfaatkannya untuk membuat rombong dan perlengkapan jualan sementara sisanya untuk dimodalkan.

"Alhamdulillah setiap hari sekarang, ulun sudah mampu memutar modal yang diberikan untuk modal bahan baku sebesar Rp500 ribu, dan keuntungannya mampu untuk menghidupi dirinya beserta keluarga," katanya, saat dikunjungi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Rabu (6/2).

Kunjungan Wabup HSS Syamsuri Arsyad ke penerima bantuan
program pemerintah (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bertemu Bupati HSS warga penerima manfaat bantuan berterima kasih

Dijelaskan dia, dagangan yang dijualnya berupa bakso dan mie ayam dengan porsi seharga rata-rata Rp10 ribu, bantuan yang diberikan pemerintah daerah dirasakannya sangat bermanfaat dalam mengembangkan usaha dan kesejahteraan keluarga.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan bakso dan mie ayam dagangan dari Junaidi sangat enak, dan program bantuan yang diberikan pemerintah daerah seperti ini sudah berlangsung dari lima tahun yang lalu dan akan lanjutkan lagi.

Menurut dia, prinsipnya pihaknya berkeinginan semua sektor bidang pembangunan itu tertuntaskan dengan baik, salah satunya bagaimana bisa mengayomi keluarga atau warga yang tidak mampu.

"Bantuan ini juga diharapkan akan menjadi penguatan ekonomi bagi mereka dan kita berharap setidak-tidaknya didalam jiwa mereka muncul bahwa mereka tidak sendiri dalam menjalani hidup, ada orang lain bersama mereka semangat ini yang sebenarnya harus menjadi motivasi bagi mereka bahwa mereka diperhatikan,” katanya.

Kunjungan Wabup HSS Syamsuri Arsyad ke penerima bantuan
program pemerintah (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Bupati HSS kunjungi warga Daha Selatan penerima manfaat bantuan

Kunjungan yang digagas Kepala Dinas Sosial Hj. Siti Erma ini sekaligus juga untuk melihat keterampilan Keluarga Penerima Manfaat (PKM)  pada saat melakukan transaksi dengan menggunakan kartu ATM yang sudah diberikan oleh pihak BRI, selaku mitra pemerintah yang ditunjuk untuk menyalurkan bantuan ini.

Selain berkunjung dan berdialog dengan para penerima bantuan peningkatan UEP maupun Program Keluarga Harapan (PKH) , Wakil Bupati HSS juga menyerahkan bingkisan kepada para penerima program.

Transaksi penyaluran bantuan program pemerintah via ATM  (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019