Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan siswa yang masuk pemeringkatan dan eligibel untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tanggal 4 Februari pukul 08.00 -15.00 WIB. Bagi siswa yang eligibel dapat segera mendaftar mulai tanggal 4  Februari pukul 14.00 WIB sampai tanggal 14 Februari 2019.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Dr Aminuddin Prahatama Putra mengatakan, pemeringkatan siswa dilakukan oleh LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran.

Diantaranya Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Kemudian Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Pemeringkatan dan eligibilitas dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019.

Pemeringkatan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id.

Eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id

"Hasil eligibilitas jumlah siswa yang eligibel untuk mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 orang. Sedangkan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah," papar Aminuddin.
Untuk proses pendaftaran SNMPTN, siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). 

"Siswa harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id. Terakhir, mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN," kata Aminuddin, meneruskan yang telah disampaikan
Ketua LPMPT Ravik Karsidi.

Pengumuman hasil seleksi SNMPTN pada 23 Maret 2019. Bagi siswa peserta Bidikmisi, mohon untuk memperhatikan hal-hal berikut. Seperti kartu peserta SNMPTN tertera status peserta Bidikmisi. Melengkapi pendaftaran Bidikmisi di situs Bidikmisi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

"Bidikmisi tidak berlaku untuk pilihan program studi di Universitas Islam Negeri. Call Center SNMPTN
0804-1-450-450 melayani setiap hari pukul 08.00 - 20.00 WIB atau halo.snmptn.ac.id," tandas Aminuddin.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019