Kandangan,  (Antaranews Kalsel)  - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  H Achmad Fikry mengingatkan agar dalam pengeloaan dana desa para Kepala Desa (Kades) tidak mengelola sendiri dana desa, tetapi menyerahykan kepada bendahara desa.

Hal itu disampaikan bupati saat melantik Kepala Desa Hamalau, Horman Ahmadi di gedung serba guna Sinar Bakti Hamalau, Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya, Senin (4/2) pagi.

Ia mengatakan, pengelolaan dana desa harus dilaksanakan sesuai perencanaan dan jangan melaksanakan kegiatan di luar kesepakatan. Tugas s Kades sebagai pimpinan pemerintahan desa adalah melakukan pembagian tugas kepada perangkat desa, termasuk mengevaluasi pengelolaan keuangan desa.

"Jangan sampai Kades mengelola uang, karena yang seharusnya bertugas mengelola kas daerah adalah bendahara desa, agar sistem dan mekanisme pengelolaan dana desa berjalan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku," katanya.
 
Peresmian gedung serba guna Sinar Bakti Hamalau (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Bupati HSS lantik Kades Karasikan Kaspianur Rajibi

Dijelaskan dia, desa sebagai wilayah otonom kecil juga bisa mencari pendapatan sumber asli desa, yang kemudian digunakan untuk membiayai pembangunan dan peningkatan kesejahteraan perangkat desa,  tergantung kemampuan masing-masing desa mencari sumber dana desa.

Seperti, di Desa Hamalau yang telah memiliki gedung serba guna, yang juga diperuntukkan bagi olahraga Bulu Tangkis. Perlu pemeliharaan dengan peratuan desa untuk pungutan bagi yang menggunakan gedung tersebut.

Peraturan desa dimaksudkan sebagai payung hukum dan menghindari Pungutan Liar (Pungli).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta serah terima jabatan dilakukan dari Penjabat Kades Hamalau Agus Andi Riawandi kepada Kades yang baru Horman Ahmadi, di mana sebelumnya Bupati HSS juga meresmikan penggunaan gedung serba guna Sinar Bakti Hamalau serta menyerahkan bantuan simbolis untuk para penerima bantuan program pemerintah.

Pelantikan Kades Hamalau Horman Ahmadi (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Iberahim jabat Kepala Desa Sungai Pinang

Kegiatan ini dirangkai dengan pelantikan dan serah terima jabatan Ketua TP PKK Desa Hamalau yang baru Herlidawati Horman Ahmadi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Raya Yanti Susilo Adianto sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan (SK) Bupati HSS tentang pengangkatan Kepala Desa Hamalau.

Turut hadir, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H.Akhmad Fahmi, Ketua TP.PKK Kabupaten Hj.Isnaniah A Fikry, Ketua GOW HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Pengurus TP PKK Kabupaten HSS, para pejabat di lingkup Pemkab HSS, Camat Sungai Raya Susilo Adianto, alim ulama dan tokoh masyarakat, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, para kepala desa beserta Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Sungai Raya.

Penyerahan simbolis untuk para penerima bantuan program pemerintah (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019