Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bunda PAUD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Hj Ernawati Chairansyah membuka secara resmi Outbound Akbar 1000 Guru PAUD Kalimantan Selatan (Kalsel) di Lapangan Dwi Warna Barabai, Minggu ( 27/1).

Kegiatan yang digagas oleh Komunitas Trainer Permainan Anak Indonesia (KTPAI) itu dihadiri oleh para guru Paud berbagai daerah di Kalsel seperti Kabupaten HST, HSS, HSU, Balangan dan Tabalong.

Tema yang diangkat adalah "Menjadi Guru Cerdas, Asyik dan Menyenangkan". Menghadirkan trainer ternama asal kota Jogjakarta yaitu Rori Satria Berdasi dengan memperkenalkan senam karakter baru yang bertujuan untuk membentuk karakter anak usia dini.

Hj Ernawati dalam sambutannya  mengatakan, pendidikan anak usia dini sangat penting, kebutuhan masyarakat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangkan anak secara holistik lewat layanan pendidikan anak usia dini saat ini semakin meningkat.

"Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi merupakan harapan bagi semua orang tua, maka pengembangan kreativitas sangat penting karena kreativitas berpengaruh dalam aspek pengembangan anak usia dini," katanya.

Apabila kemampuan kreativitas tidak dikembangkan sejak dini maka kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir anak akan kurang. Untuk itu, dia mengajak supaya para guru yang hadir bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

"Saya berharap apa yang diperoleh pada kegiatan ini bisa diterapkan di tempat mengajar, sehingga dapat menjadi guru yang menyenangkan bagi anak didik," katanya.

Ketua KTPAI Kalsel Rabiatul Adawiah melaporkan, bahwa kegiatan yang digelar di HST ini adalah yang ke empat setelah dilaksanakan di Kabupaten Batola, Kotamadya Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru PAUD melakukan aktivitas  di luar kelas agar bisa memberikan pengetahuan kepada anak didik dengan cara yang menyenangkan dan murah, serta pelajaran membentuk karakter anak didik," katanya.

Baca juga: Mantuala Batu Hayam HST juara pertama Kontes Durian
Baca juga: ASN harus menjadi pelopor kebersihan
Baca juga: Oknum guru di Barabai ketahuan mesum dengan bekas murid

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019