Sebanyak 120 mobil berhias meriahkan pawai tanglong untuk menyemarakkan bulan Ramadhan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pawai Tanglong yang dilepas Wali Kota Banjarmasin, Haji Muhidin tersebut berlangsung Sabtu malam, 23 Ramadhan 1433 Hijriah ini memperoleh sambutan hangat warga setempat yang memadati seluruh jalan protokol kota setempat yang dilalui pawai tersebut.

Aneka lampu berhias yang disebut tanglong yang diarak dengan mobil-mobil dan kendaraan roda berhias tersebut satu persatu melewati jalur-jalur utama Kota Banjarmasin.

Pawai yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudpora) tersebut dimeriahkan pula dengan pesta kembang api yang disulut oleh para penonton sehingga udara Banjarmasin terlihat warna warni oleh kembang api.

Rute pawai yang dihadiri ribuan pengunjung dimulai pukul 22.00 Wita, dimulai di Jalan RE Martadinata atau depan balaikota, terus kejalan Lambung Mangkurat, Jalan Hasanuddin HM, dan Jalan A Yani.

Kemudian rute masuk Jalan Gatot Subroto, Jalan Banua Anyar, Jalan Sultan Adam Jalan Adiaksa, Jalan Kayu Tangi, Jalan S Parman, Jalan HS Musapa, dan masuk jalan Jend Sudirman, Kembali ke jalan Lambung Mangkurat.

Diungkapkan Ketua panitia yang juga Kepala Dinas Disbudpora Kota Banjarmasin Norhasan, pergelaran pawai tanglong tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, sebab jumlah pesertanya lebih banyak dari tahun lalu.

Sebagaiman tujuannya digelarnya acara ini, tuturnya, yakni untuk memuliakan malam Ramadhan dan sudah menjadi tradisi banua setiap tahunnya digelar Pemkot Banjarmasin.

"Selain membesarkan malam bulan Ramadhan, juga menjadi hiburan warga," ucapnya.

Wali Kota menyambut gembira suksesnya penyelenggaraan pawai tanglong ini, sebagaimana tahun lalu, tahun ini juga akan memberikan hadiah bagi pemenangnya atau peserta dengan lampu hias paling indah dan menarik.C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012