Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar peringatan hari jadi ke - 38, bertempat di lapangan Datu Durabu Kalumpang.

Camat Kalumpang Aulia Shofi Azmi, di Kalumpang, Kamis (17/1), mengatakan peringatan ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap kemajuan pembangunan yang ada di Kecamatan Kalumpang.

"Kami terimakasih kepada Bupati HSS H Achmad Fikry yang pada masa kepemimpinan beliau, banyak sekali pembangunan di Kecamatan Kalumpang yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS," katanya.

Dijelaskan dia, pembangunan tersebut antara lain, pengerasan Jalan Bago Tanggul, pengaspalan jalan baru, perbaikan Jembatan Kalumpang, perbaikan Jembatan Karang Paci, program BPJS Semesta yang sangat dirasakan masyarakat dan juga rehabilitasi berat PKM Kalumpang dan lainnya.

Peringatan hari jadi ke-38 Kecamatan Kelumpang (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Rayakan hari jadi Kecamatan Sungai Raya suguhkan serba ketan

Kecamatan Kalumpang merupakan pemekaran dari Kecamatan Simpur yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1980 pada tanggal 10 Juli 1980.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Jadi Kecamatan Kalumpang secara umum terbagi empat bagian yakni, pertunjukan seni dan tari shalawat dari SMPN 1 Kalumpang, olah raga tradisional Bagasing sebagai ajang silaturahmi dan wujud komitmen untuk mendukung kelestarian budaya tradisional,

"Stand Inovasi Desa yang ada di Kecamatan Kalumpang, stand kuliner yang menyediakan kue dan wadai khas daerah gratis untuk masyarakat yang diikuti oleh sembilan desa, instansi di Kecamatan Kalumpang, PGRI serta PT. Surya Langgeng Sejahtera (SLS)," katanya.

Dalam rangkaian peringatan, diserahkan bantuan GNOTA Kabupaten HSS sebanyak 10 buah sepeda, penyerahan sertifikat tanah PTSL Kecamatan Kalumpang tahun 2018 sebanyak 461 bidang dan penyerahaan Setifikat Desa 100 persen ODP atau desa yang 100% stop buang air besar sembarangan di Kecamatan Kalumpang.

Diakhir acara, Bupati HSS melakukan pemotongan pita dan meninjau stand kuliner yang menyediakan kue dan wadai khas daerah, dan meninjau stand inovasi desa yang menampilkan inovasi yang ada di Kecamatan Kalumpang serta meninjau kegiatan olah raga tradisional Bagasing.

Peringatan hari jadi ke-38 Kecamatan Kelumpang (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS resmikan gedung serba guna H Durahman Simpur

Turut hadir, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj.Isnaniah A Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad beserta isteri, Dandim 1003 Kandangan Letkol.Inf.Suhardi Aji Wijayanto, Pj Sekda H.Hubriansyah, Ketua MUI Kecamatan Kalumpang, Staf Ahli, para Kepala OPD, para Camat se Kabupaten HSS.

Kemudian, instansi vertikal, BUMN, BUMD, Ketua TP PKK Kecamatan Kalumpang, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kalumpang, para Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Kalumpang, PT.SLS, pengurus PGRI kecamatan, para kepala sekolah dan dewan guru, perangkat desa dan BPD, alim ulama, tokoh masyarakat serta masyarakat Kecamatan Kalumpang.

Stand kuliner PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS) (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019