Martapura (Antaranews, Kalsel) - Kabupaten Banjar kembali meraih penghargaan Adipura tahun 2018 sekaligus mempertahankan penghargaan bidang pengelolaan lingkungan dan kebersihan yang ke-7 kalinya.


Piala adipura diserahkan Wakil Presiden Yusuf Kalla kepada Bupati Banjar Khalilurrahman di Auditorium Wahana Manggala Bhakti, gedung Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta, Senin (14/1).

"Kami bersyukur sekaligus bangga, karena Kabupaten Banjar diwakili Kota Martapura meraih adipura kategori kota kecil," ujar bupati melalui siaran pers Dinas Kominfo Banjar di Martapura, Senin.

Bupati menerima piala adipura didampingi Ketua TP PKK Banjar Raudathul Wardiyah, Sekda Banjar Nasrun Syah, Kadis LH Boyke WT,  Kadis Kominfo Farid Soufian, Kadis Kesehatan Ikhwansyah.

Menurut bupati, penghargaan adipura ke-7 itu terwujud atas peran seluruh komponen, baik pemerintah daerah melalui dinas dan instansi terkait, swasta maupun peran serta masyarakat kabupaten setempat. 

"Semuanya saling berperan baik aparatur pemerintahan sesuai bidang tugasnya, swasta yang juga saling membantu dan masyarakat yang memberikan dukungan besar hingga berhasil meraih adipura," ungkapnya. 

Kadis Lingkungan Hidup Boyke WT menyatakan, kekompakan seluruh SKPD dan masyarakat dalam memelihara lingkungan berperan dalam keberhasilan memperoleh anugerah adipura.

"Bukan hanya kami, tetapi semua bergerak mulai dari aparatur tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan dan tentu saja seluruh kompone masyarakat yang turut andil dalam keberhasilan ini," ujarnya.

Piala Adipura akan diarak mengelilingi Kota Martapura bersama petugas kebersihan, Kamis (17/1) start mulai Stadion Demang Lehman dan finish di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, setiap pemerintah daerah hendaknya mempertahankan penghargaan melalui usaha keras bersama menggerakan budaya masyarakat memelihara kebersihan.

"Pesan saya, bersih membawa pada kebersihan karena lingkungan yang bersih maka masyarakatnya akan segan membuang sampah sembarangan dan berperan menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019