Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus meningkatkan produksi ikan dengan melakukan pembinaan terhadap kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di "Bumi Bersujud".

"Pembinaan ini terus dilakukan dalam rangka meningkatkan pruduksi pembudidayaan ikan yang sudah dilakukan Pokdakan tersebut mengingat darah Tanah Bumbu adalah penghasil ikan laut maupun budidaya terbesar di Kalimantan Selatan," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kabid Perikanan Budi Daya Zulkarnain,di Batulicin.

Dia mengatakan, pada periode 2017 Dinas Perikanan Tanah Bumbu merilis hasil produksi ikan yang dihasilkan sebanyak 4.235 ton untuk perikanan budidaya.

Melalui pembinaan ini diharapkan kedepannya akan terus meningkatkan produksi ikan berbagai jenis. Sehingga dapat memberi peningkatan taraf ekonomi masyarakat pembudidaya di Tanah Bumbu.

Untuk memperkuat pembinaan tersebut Dinas Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan juga memberikan bantuan program pengembangan perikanan budidaya ke Pokdakan di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Saat ini Dinas Perikanan Tanah Bumbu terus memfasilitasi dan melakukan pembinaan dan pendampingan kegiatan bantuan kepada Pokdakan. Baik yang bersumber dari kabupaten, provinsi maupun kementerian," ungkapnya.

Tercatat, sejumlah pokdakan yang sudah mendapatkan bantuan kegiatan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yakni, keramba jaring apung (KJA) Desa Mantewe, Pembudidayaan Rumput Laut di Transmigrasi Nelayan, Bantuan budi daya ikan nila, budi daya ikan papuyu dan bantuan mesin pakan desa Mekar Jaya.

 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019