Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan kembali menyerahkan bantuan hibah alat mesin pertanian (Alsintan) dari APBN dan APBN-TP Provinsi Kalimantan Selatan kepada kelompok tani di daerah itu, di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Tanah Laut, Kamis (3/1).


“Bantuan diberikan itu adalah traktor roda empat  kepada Kelompok Tani Karya Mandiri satu  buah, corn planter kepada Kelompok Tani Rakyat Mufakat sebanyak 20 buah,”ujar Kadis  Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Mustahdi.

Selain itu, sebut dia, juga diserahkan bantuan cultivator kepada Kelompok Tani Manuntung sebanyak satu unit, hand traktor kepada Kelompok Tani Bina Bersama sebanyak satu unit, pompa air kepada Kelompok Tani Maju Lestari sebanyak satu unit.

Selanjutnya,  jelas dia, bantuan herbisida kepada Gapoktan Bangun Banua sebanyak satu unit dan hibah pisang kepok manurun hasil kultur jaringan kepada Kelompok Tani Pasir Mas sebanyak 250 bibit pohon.

Terpisah, Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan,  pemerintah sudah memberikan banyak sekali perhatian bantuan untuk petani di Tanah Laut.

“Perhatian pemerintah itu dalam bentuk alat dan bibit, sehingga patut kita syukuri. Kalau pertanian kita tidak maju, bukan salah pemerintah lagi,”tegasnya.

Oleh karena itu, dia meminta, agar  petani di Bumi Tuntung Pandang harus lebih giat lagi bekerja agar hasil panen meningkat.

“Manfaatkan dengan sebaik baiknya bantuan ini. Semoga bisa mendatangankan keberkahan dan kemajuan bagi pertanian kita,”pintanya.

Penyerahan bantuan hibah alat dan mesin pertanian tersebut langsung oleh Bupati Tanah Laut H Sukamta kepada perwakilan kelompok tani.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019