Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bendungan Batang Alai atau Sakutang yang terletak di desa Labuhan Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bisa menjadi referensi anda saat liburan tiba.

Saat meresmikan bendungan tersebut, Rabu (26/12), Plt Bupati HST H A Chairansyah mengungkapkan, selain sebagai jaringan irigasi, saat ini bendungan itu sudah ditata rapi dan di bangun oleh kontraktor pelaksana menjadi objek wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Fasilitas juga dilengkapi dengan mushalla, WC, Pendopo pertemuan, dan bangku-bangku kecil untuk menikmati indahnya hawa pegunungan Meratus yang indah dan alami serta air terjun dari bendungan itu.

"Hal ini menambah destinasi wisata baru di HST yang bisa dikunjungi ketika musim liburan tiba," kata Chairansyah.

Menurut Chairansyah, saat ini status bangunan objek wisata itu masih milik Kementerian PUPR namun ke depannya akan dikerjasamakan dengan Pemerintah Daerah terkait pengelolaannya.

Lokasi Bendungan Batang Alai tersebut kurang lebih 14 kilo meter dari kota Barabai dan bisa dicapai menggunakan sepeda motor maupun mobil, lokasinya juga sangat strategis untuk kegiatan berkemah ataupun kemping dan bisa mandi-mandi di sungainya juga.

Disamping itu juga bisa menjadi referensi objek foto pra wedding maupun hunting keindahan alam.

Namun, jika membawa anak-anak juga harus hati-hati karena bendungan tersebut sangat tinggi dan berbahaya jika tanpa pengawasan orangtua.
    Baca juga: Peringatan hari jadi HST diwarnai 'percobaan pembacokan'
Baca juga: Tiga Kabupaten di Kalsel terima DIPA Anggaran 2019
Baca juga: M Haldi dapat hadiah sepeda Plt Bupati HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018