Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 100 orang peserta mengikuti pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1003/ Kandangan Tahun Anggaran 2018, bertempat di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Simpur, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Pembina Harian dan Pamong Saka Wirakartika Kodim 1003/Kandangan Kapten Infanteri Hariyadi Suprapto, di Simpur, Sabtu (15/12), mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk peran TNI AD melalui pembinaan Kepramukaan Saka Wirakartika.
Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Dandim Kandangan : Pameran Alutsista ajang edukasi dan tumbuhkan kecintaan pada TNI

"Kami siap membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwarna kebenaran serta berjiwa ksatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat kebersamaan dalam keberagaman demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya, yang juga menjabat Pasiter Kodim Kandangan.

Dijelaskan dia, adapun beberapa kegiatan pembinaan meliputi, Wawasan Kebangsaan berupa wawasan matematika belanegara, pengetahuan PBB dasar, pengenalan Kompas, pengetahuan P3K, pengetahuan tali-temali (pioner), mengenal tumbuh-tumbuhan(survival).

Selanjutnya, pengetahuan perlengkapan alat mountenering, permainan Pramuka seperti permainan bola dan Holahop, serta materi pengembangan materi sandi atau kode bendera pramuka (Semaphore).
 
Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Danrem : Pementasan Reog Ponorogo upaya menjaga warisan budaya

"Pembinaan ini juga ditujukan dalam pembentukan fisik dan mental serta kepribadian yang baik di kalangan generasi muda dalam menghadapi berbagai pengaruh negatif, generasi muda yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat," katanya.

Adapun peserta dari kegiatan ini baik dari Pramuka Penegak maupun Pandega, yang tergabung dalam wadah Saka Wira Kartika di wilayah binaan Kodim 1003/Kandangan.
 
Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018