Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan menggelar karya bakti dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018, bertempat di di Masjid Al Munawwirah Desa Tawia, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Dandim Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, di Tawia, Selasa (18/12), mengatakan karya bakti kali ini dengan kegiatan pembersihan tempat ibadah  dengan harapan untuk kenyamanan warga dalam menjalankan ibadahnya.
 
Karya Bakti Kodim Kandangan peringati Hari Juang Kartika (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Upacara serah terima simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya

"Karya bakti juga bertujuan untuk makin meningkatkan kemanunggalan TNI AD dan masyarakat, menjalin silaturrahmi sekaligus bentuk Komunikasi Sosial (Komsos) dalam menciptakan suasana aman, nyaman bagi masyarakat dengan kehadiran TNI," katanya, disela kegiatan karya bakti.

Dijelaskan dia, makna dari Hari Juang Kartika TNI-AD diperingati untuk mengenang pertempuran Ambarawa sebelumnya bernama Hari Infanteri, dan Jenderal Soedirman waktu itu sebagai pemimpin pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara sekutu dari Ambarawa secepat mungkin.
 
Karya Bakti Kodim Kandangan peringati Hari Juang Kartika (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: 100 peserta ikuti pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim Kandangan

Pengusiran tentara sekutu tersebut dilatar belakangi sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah, sehingga Jenderal Soedirman beserta pasukan melakukan perlawanan untuk mengusir sekutu dari tanah air demi tegaknya NKRI.

Ketua Takmir Masjid Masjid Al Munawwirah H. Salman, mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota TNI yang telah membantu masyarakat jiran masjid atas kepeduliannya dalam membersihkan Masjid Al Munawwirah tersebut, dan berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan wujud nyata kedekatan TNI AD dengan rakyat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018