Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Rumah Kreatif BUMN  kini hadir di Kota Amuntai guna turut membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan salah satunya membuka peluang pasar lebih luas melalui promosi dan pemasaran online.

Koordinator Rumah Kreatif BUMN (RKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Paksi Noorlesmana Putera di Amuntai, Selasa mengatakan, pihaknya membantu pelatihan dan konsultasi tentang pengembangan usaha terutama pengembangan usaha secara online atau digital.

"UMKM yang tergabung di RKB dapat mengakses pasar global melalui situs belanja online Blanja.com, kita bantu UMKM yang belum bisa mengakses pasar online tersebut," ujar Paksi.

Paksi mengatakan, RKB tidak hanya membantu pelatihan dan pemasaran online namun juga membantu Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) anggota RKB agar lebih mudah mengakses permodalan dari Bank Rakyat Indonesia.

RKB sendiri di dirikan sebagai sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku UMKM,  bahkan masyarakat yang bergerak di bidang ini bisa leluasa menggunakan sarana ruang pertemuan di RKB untuk keperluan rapat anggota dan lainnya.

"Rumah Kreatif BUMN Amuntai menyediakan zona registrasi, zona display, zona konsultasi dan zona pelatihan, sehingga bagi UMKM yang terdaftar dapat dengan mudah menggunakan fasilitas yg ada di RKB untuk keperluan seperti rapat, zona untuk memfoto produk dan lainnya," terang Paksi lagi.

RKB HSU adalah hasil kerja sama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan BUMN-BUMN. Bank Rakyat Indonesia (BRI) salah satu BUMN yang dipercaya mengelola RKB di Amuntai.

Saat ini sudah puluhan usaha UMKM yang bergabung dan beberapa diantatanya mulai aktif memasarkan dan mempromosikan produknya melalui online.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018